WAKIL Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, menyerahkan peralatan kerja secara simbolis sebagai tanda dimulainya pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 yang dipusatkan di wilayah Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, di lapangan desa setempat, Selasa (10/7). ISTIMEWA

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, membuka pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 yang dipusatkan di wilayah Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, di lapangan desa setempat, Selasa (10/7).

Menurut Heru Sudjatmoko, TMMD merupakan kegiatan yang dimotori semangat gotong royong. Tidak hanya dalam pembangunan fisik, tetapi juga kegiatan lain seperti peningkatan ekonomi, kesadaran masyarakat, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

“Semua membaur menjadi satu, demi tercapainya pembangunan manusia dan masyarakat yang baik. Dengan kebersamaan ini, tentu akan menghasilkan yang baik pula,” katanya.

Komandan Kodim 0704 Banjarnegara, Letkol Inf Bagas Gunanto mengatakan, sasaran utama dalam TMMD adalah pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1.170 meter dengan lebar 3 meter yang menghubungkan Desa Pasegeran dengan Desa Pingit Lor. Selain itu, juga pembangunan talud dan pembuatan drainase sepanjang 100 meter, termasuk pembuatan bronjong penahan longsor.

“Kita juga lakukan bedah rumah tidak layak huni sebanyak 10 unit dan jambanisasi, serta pembuatan pos kamling,” katanya.

Selain itu, ada juga kegiatan non fisik seperti penyuluhan hankamibmas, pendidikan, pertanian, kesehatan, PKK, dan bidang humas. Adapun anggaran dari kegiatan tersebut bersumber dari APBD Propinsi Jawa Tengah sebesar Rp 160 juta, APBD Kabupaten Banjarnegara Rp 800 juta, APBD Kabupaten Banjarnegara untuk sasaran non fisik Rp 3,975 juta, dan Mabes TNI Rp 323,9 juta.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono menilai, kegiatan TMMD merupakan program yang sangat baik. Selain pembangunan fisik, TMMD juga memberikan pemahaman terhadap pembangunan non fisik yang bakal meningkatkan kepedulian bernegara.

“Sasaran utamanya membangun jalan, ini seiring dengan program pemerintah yang sedang menggencarkan pembangunan infrastruktur dan pengentasan kemiskinan,” kata Budhi Sarwono. (oel)