BUANA SURYA KUSUMAH Ketua PHRI Kota Banjar
BUANA SURYA KUSUMAH Ketua PHRI Kota Banjar

Sinergisitas dengan berbagai unsur, sangat diperlukan dalam membangun potensi wisata yang dimiliki suatu daerah. Demikian diungkapkan Buana Surya Kusumah, ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Banjar.

Diakui pengusaha muda kelahiran Banjar, Juni 1979 ini, potensi pariwisata yang dimiliki Kota Banjar sangat banyak dan membutuhkan sentuhan banyak pihak untuk pengembangannya.

“Dalam beberapa tahun terakhir, PHRI bersama stakeholder masih berkonsentrasi menjajaki dan memetakan potensi-potensi yang dimiliki Kota Banjar.  Sehinggam geliat pariwisatanya memang belum terlihat signifikan perkembangannya,” ujarnya.

Pengusaha yang juga aktif di Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Banjar ini berharap, sektor pariwisata Kota Vanjar bisa terus berkembang.

Sehingga, bisa mendongkrak peningkatan perekonomian warga dan dunia usaha Kota Banjar, terutama industri atau usaha penyokong pariwisata seperti hotel, rumah makan, produk olahan UMKM, kerajinan, dan sebagainya.

“Dari proses yang kita lakukan, setidaknya sudah berhasil menarik investor untuk pengembangan kepariwisataan Kota Banjar. Satu dari sekian contoh pengembangan yang sudah dan masih terus berjalan adalah wisata Situ Mustika yang sudah bekerjasama dengan investor,” katanya. (cr1)