PEMERINTAH Kabupaten Banjarnegara me-launching dan Sosialisasi Kartu Tani di Sasana Bhakti Praja Setda Banjarnegara, Rabu (11/10).

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Banjarnegara melaunching Kartu Tani. Kartu ini diharapkan mampu mempermudah petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.

“Apabila petani memiliki Kartu Tani, semua kegiatan dan bantuan pemerintah akan tercatat,” kata Dani Harun perwakilan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah saat Launching dan Sosialisasi Kartu Tani di Sasana Bhakti Praja Setda Banjarnegara, Rabu (11/10).

Menurut data yang didapat dari aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pangan Indonesia (SIMPI),  jumlah petani yang menerima  Kartu Tani di Kabupaten Banjarnegara adalah 83.610. Sedangkan kartu yang sudah tercetak baru sekitar 74.000.

“Semoga target sampai bulan November semua Kartu Tani harus sudah didistribusikan,” Katanya.

Noviyanto Kusumawijaya, Kepala Bagian Perekonomian Setda Banjarnegara, mengatakan tujuan dari penggunaan Kartu Tani ini adalah untuk mengatasi masalah yang timbul akibat penyalahgunaan distribusi pupuk bersubsidi. Sebagai penyedia pupuk Pemkab Banjarnegara bekerja sama dengan PT Pusri dan PT Petrokimia Gresik.

Pimpinan Cabang BRI Banjarnegara, Anton Sugiharto, mengatakan teknologi setiap hari semakin berkembang. Segala sesuatu yang dulu dilakukan secara konvensional sekarang berubah menjadi digital.

Kartu Tani, menurut Anton, merupakan Kartu ATM BRI yang diberi tambahan manfaat untuk pengendalian pembelian pupuk bersubsidi. Kartu Tani dapat pula digunakan untuk menabung, transfer, serta menarik uang melalui mesin ATM dan kegiatan perbankan lainnya.  Segala bentuk kegiatan yang menggunakan Kartu Tani dimudahkan lagi dengan kios pupuk lengkap (KPL) yang juga merupakan  agen BRILink.

“Kami memiliki ratusan agen BRILink yang akan mempermudah semua manfaat yang didapatkan oleh pemilik Kartu Tani. Sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor BRI untuk kegiatan perbankan, cukup dengan agen BRILink semua hal tersebut dapat dilakukan,”  katanya. (oel)

Komentar

komentar