Petugas melakukan pencarian penambang pasir di Sungai Klawing

PURBALINGGA, SATELITPOST – Nasib naas dialami oleh seorang penambang pasir di Sungai Klawing, Purbalingga. Penambang yang diketahui bernama Sukismo, warga Desa Tejasari, Kecamatan Bukateja, tenggelam di Sungai Klawing, tepatnya Dukuh Karangpinggir, Bukateja. Meskipun pencarian sudah dilakukan menggunakan alat berat, namun hingga malam hari tubuh korban belum berhasil ditemukan.

Kapolsek Bukateja AKP Agus Triyono menyampaikan, kejadian tersebut diketahui sekitar pukul 13.00 Wib. Ada warga yang datang ke polsek melaporkan terjadinya kecelakaan air di kawasan penambangan pasir. Begitu mendapatkan laporan, pihak polsek mendatangi lokasi kejadian. Berdasarkan keterangan sejumlah saksi di lokasi, saat itu korban sedang melakukan aktifitas biasa, menambang pasir menggunakan mesih sedot.

“Penambangan dilakukan menggunakan mesin sedot. Nah saat itu, tiba-tiba selang yang menghubungkan ke mesin macet. Kemudian, korban menyelam bermaksud memperbaiki selang tersebut. Namun hingga beberapa waktu berselang, pasir yang sudah tersedot gugur dan diduga menimbun korban,” kata AKP Agus Triyono, Rabu (26/6/2019).
Selain anggota kepolisian, personil TNI dan Tim SAR juga diterjunkan ke lokasi kejadian. Mereka berusaha mencari korban. Tim penyelam melakukan pencarian dengan menyelam di titik korban tenggelam, tim lain menyusuri sungai dengan perahu karet.

“Jika korban tertimbun pasir, kemungkinan masih di lokasi saat dia menyelam. Tapi bisa juga korban terseret arus sungai,” kata petugas SAR, Wahyudi.
Pencarian tahap pertama dilakukan , petugas tidak juga menemukan tubuh korban. Pencarian kemudian dilakukan kembali sampai sore. Bahkan, untuk membatu pencarian, diturunkan satu alat berat ke sungai.

Korban ditemukan dalam kondisi meninggal,
selanjutnya di bawa ke Puskesmas setempat sebelum di serahkan ke pihak keluarga.
(min)