CILACAP, SATELITPOST-Sampai hari ke-8 pendaftaran bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cilacap, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap belum menerima berkas pendaftaran oleh partai politik. Meskipun demikian, sudah ada beberapa partai politik yang sudah mengkonfimasikan waktu pendaftaran.

“Belum ada yang mendaftar, tetapi sudah ada informasi jika PKS akan mendaftar pada Sabtu (14/7) pagi, Gerindra dan Golkar pada Senin (16/7) masing-masing pukul 14.00 WIB, dan 15.00 WIB,” ujar Komisioner KPU Cilacap, Handi Tri Ujiono, Kamis (12/7) kemarin.

Belum adanya pendaftaran, dimungkinkan karena para bakal calon legislatif ini masih memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh KPU. Seperti terlihat di Pengadilan Negeri Cilacap, dipenuhi oleh para bakal calon yang mengurus surat pernyataan tidak pernah terlibat tindak pidana. Beberapa partai politik juga masih melakukan konsultasi kepada KPU.

Sesuai hasil evaluasi yang dilakukan KPU satu hari menjelang pendaftaran, sudah ada beberapa parpol yang sudah 100 persen mengentri, tinggal upload. Ada juga parpol yang masih kesulitan menentukan nomor urut, ada juga yang masih memerlukan dokumen pembuktian seperti KTP, ijazah, surat dari pengadilan dan lainnya. Bahkan, kata dia, ada  juga partai yang saat ini jumlah kursinya banyak, tetapi belum apa-apa.

Pendaftaran bakal calon anggota DPRD Cilacap akan dibuka sampai tanggal 17 Juli 2018 mendatang. Partai politik diperbolehkan mencalonkan siapapun, kecuali bakal calon yang merupakan mantan narapidana kejahatan seksual terhadap anak, bandar narkoba dan juga koruptor. Hal ini sesuai dengan PKPU nomor 20 tahun 2018 yang baru disahkan. (ale)