Ilustrasi

TAMBAK, SATELITPOST– Modus penipuan yang menggunakan kupon undian atau pemberian hadiah cukup lama dilakukan. Namun, bukan berarti bahaya penipuan macam ini tak lagi menjadi ancaman bagi publik.

Sebab, sekarang ini model penipuan tersebut terus saja mengalami pengembangan dan perubahan. Hal ini disadari betul oleh Polsek Tambak. Oleh karenanya, Kapolsek setempat terus meminta anggotanya untuk mengampanyekan kewaspadaan terhadap aksi penipuan kepada warga.

Kampanye macam ini baru-baru ini dilakukan oleh Polsek Tambak melalui rapat-rapat yang digelar warga. Satu di antaranya adalah melalui rapat di Balai Desa Gebangsari, beberapa waktu lalu. Dalam rapat tersebut, Polsek Tambak mengutus Bhabinkamtibmas, Bripka Purwanto untuk memberikan himbauan terkait bahaya aksi penipuan. Yang dijelaskannya adalah terkait bahaya modus penipuan kupon undian berhadiah.

Menurutnya, belakangan banyak model penipuan yang mengatasnamakan undian hadiah dari produk sabun dan makanan kecil. “Kami mengimbau agar warga berhati-hati dengan modus ini. Belakangan ada yang modelnya lewat pemberian produk sabun dan makanan kecil. Ada kupon yang katanya berhadiah,” ujar dia.

Ia menegaskan, masyarakat seharusnya tidak mudah percaya dengan model penipuan seperti ini. Oleh karenanya, kewaspadaan pun perlu terus ditingkatkan.

Dalam sosialisasi tersebut, Bripka Purwanto juga terus mengampanyekan pentingnya siskamling.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah SH SIk MHum melalui Kapolsek Tambak AKP Embar Yuliono SH mengatakan, Bhabinkamtibmas harus aktif memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada warga. Selain terkait dengan bahaya penipuan, muatan tentang siskamling serta partisipasi publik dalam memelihara keamanan dan ketertiban juga harus terus disampaikan.(mr.pramukti@gmail.com)

Komentar

komentar

BAGIKAN