Pentingnya Aksesibilitas Penyandang Disabilitas

- Peringatan Hari Disabilitas International

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Pemberdayaan penyandang disabilitas merupakan tanggung jawab semua pihak. Tidak hanya pemerintah, masyarakat pun harus turut serta meningkatkan perhatian untuk mereka.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banjarnegara, Aziz Achmad, saat peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) ke 25 tahun 2017 yang diselenggarakan di Alun-alun Banjarnegara, Rabu (6/12).

Menurutnya, penyandang disabilitas memerlukan aksesibilitas yang memudahkan mereka. Mulai dari transportasi, keamanan, serta fasilitas fisik di tempat umum seperti bangunan, jalan dan toilet yang memudahkan.

“Dengan berbagai kemudahan, diharapkan para penyandang disabilias bisa mandiri dan tidak tergantung dengan orang lain,” katanya.

Selain itu, mereka juga memerlukan akses yang mudah untuk mendapatkan pendidikan. Tidak hanya kemudahan dari bangunan fisik seperti ruang belajar, tetapi juga persyaratan administrasi yang memberikan kesempatan yang sama bagi penyandang disabilitas.

Hari Disabilitas Internasional ke 25 tahun ini, mengangkat tema Menuju Masyrakat Inklusi yang Tangguh dan Berkesinambungan. Hal itu sesuai dengan slogan penyandang disabilitas, yaitu penyandang disabilitas tidak mau dikasihani tapi diberdayakan.

Pada Peringatan HDI ini, Dinsos memberikan bantuan 22 kursi roda, 10 alat bantu jalan, 11 tongkat untuk tunanetra, serta mobil operasional untuk layanan sosial. (oel)

 

Komentar

komentar