KANIT Poslantas Majenang IPDA Supriyanto SH menjadi Inspektur Upacara di SMP Negeri 2 Majenang, Senin (12/2).SATELITPOST/TASLIM INDRA

MAJENANG, SATELITPOST-Untuk menciptakan keselamatan dan tertib lalu lintas berkendaraan Satuan Polisi Lalu Lintas Kepolisian Resort Cilacap menggelar Kegiatan Police go to School. Kegiatan itu dalam rangka Program Road Safety Partnertship Action (RSPA) di sejumlah  sekolah.

Seperti halnya kegiatan yang dilakukan Satuan Polantas Pos Majenang kegiatan Police Go to School menyasar SMP Negeri 2 Majenang pada kegiatan upacara bendera. Kegiatan upacara dihadiri seluruh siswa/siswi guru. Kepala SMP Negeri2 Majenang sebagai inspektur upacara bendera, Senin (12/2).

Dalam upacara tersebut Kepala Unit Poslantas Distrik Majenang IPDA Supriyanto SH bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam amanatnya dia menyampaikan angka kecelakaan yang terjadi di Cilacap masih tinggi didominasi kalangan remaja. Dalam satu pekan terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak sembilan kasus.

Lebih lanjut disampaikan penyebab kecelakaan lalu lintas karena faktor manusia, kendaraan, dan jalan. Dijelaskan faktor manusia di antaranya usia yang belum diperbolehkan mengendarai kendaraan, pengetahuan tentang aturan berlalu lintas dan kejiwaan pengendara.

Kemudian faktor kendaraan karena sejumlah pengendara yang melakukan modifikasi dan tidak berfungsinya perlengkapan kendaraan. Hal itu tidak hanya membahayakan pengendara lain juga pengendara itu sendiri.

“Pastikan perlengkapan kendaraan berfungsi sesuai kendaraan yang dibuat dari pabriknya. Yang sudah sesuai (standar) agar tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain,”katanya.

Selain itu jalan juga menjadi faktor terjadinya kecelakaan. Dengan kondisi jalan yang lebar dan mulus mendorong emosional pengendara. Mengendara dengan kecepatan tinggi. Demikian juga sebaliknya jalan yang rusak juga menimbulkan kerawanan sehingga harus berhati-hati.

Agar selamat dan nyaman berkendaraan pengendara agar mematuhi aturan berlalu lintas sesuai dengan undang-undang. Selain itu selalu menggunakan helm serta menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Selain berkaitan dengan keselamatan berlalu lintas, dia juga menyampaikan agar bisa menggunakan media sosial dengan baik dan selektif sehingga tidak menimbulkan dampak negatif.

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi mendukung Program Road Safety Partnership Action (RSPA) atau kegiatan kemitraan dan keselamatan berlalu lintas oleh siswa dan guru SMP Negeri 2 Majenang.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 2 Majenang Suwarno SPd MPd saat dikonfirmasi usai kegiatan mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan tersebut termasuk amanat yang disampaikan inspektur upacara. Untuk itu pihaknya segera menindaklanjuti dengan penekanan keselamatan berkendara minimalnya menggunakan helm dan bijak juga selektif dalam menggunakan media sosial. (lim)