PURWOKERTO, SATELITPOST-Polres Banyumas khususnya Polwan menggelar syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Polwan yang ke-69 dengan mengusung tema “HUT Polwan Tahun 2017, Polwan Profesional Modern dan Tepercaya untuk Keutuhan NKRI”. Dari kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Polwan yang ada di jajaran Polres Banyumas serta para perwira Polres Banyumas, Jumat (15/9).

Dalam kegiatan yang digelar di Java Heritage Hotel Purwokerto juga dihadiri oleh Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah SH SIk MHum serta istrinya Dewi Azis Andriansyah yang juga selaku ibu asuh Polwan Polres Banyumas.

Kapolres Banyumas dalam sambutannya berharap para Polisi Wanita Indonesia akan selalu tergerak untuk menjadi Srikandi Bhayangkara yang tangguh dan mampu membawa harum nama besar Polri dalam setiap tugas pengabdian yang dibebaskan kepadanya. “Masyarakat juga lebih suka sosok Polwan dengan kelembutan, keibuan namun harus tetap tegas. Mari jaga marwah polisi wanita yang mana peran polwan juga mempercepat transformasi menjadi polisi yang dibanggakan,” ujar Kapolres.

Selain itu dalam kegiatan tersebut Bripka Novi Haryani membacakan sejarah Polwan. Sejarah mencatat tanggal 1 September sebagai hari lahirnya Polisi Wanita Indonesia. Sejarah ini bermula saat masa pemerintahan darurat Republik Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda II di Kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Saat itu, guna kebutuhan dalam rangka pemeriksaan dan penggeledahan pengungsi, maka diperlukan keberadaan Polisi Wanita. Setelah dilakukan seleksi, terpilih enam orang remaja Putri remaja putri lulusan Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) dan sekaligus menjadi perintis Polisi Wanita Indonesia.

Sementara itu, Ibu asuh Polwan Ibu Dewi Azis Andriansyah dalam sambutannya berpesan, berkaitan dengan hari jadi tahun ini, diharapkan Polwan sebagai wanita karier tidak melupakan kodratnya sebagai wanita dan ibu rumah tangga yang mempunyai kewajiban melayani suami, mendidik dan membesarkan anak-anaknya.

Selain itu, senior Polwan AKP Endang Sri Wahyuni merupakan Waka Polsek Purwokerto Selatan dalam sambutannya menyampaikan kegiatan tasyakurkan ini, dilaksanakan sebagai puncak acara rangkaian kegiatan memperingati HUT Polwan ke-69 tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 1 September.

“Beberapa rangkaian kegiatan telah dilaksanakan antara lain olah raga bersama, Gaktibplin Polwan, Kerja Bhakti sosial kesehatan serta anjangsana. Semua kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT Polwan ke-69 Polres Banyumas,” ujarnya.

Selain kegiatan tersebut, Endang menambahkan, Polwan Polres Banyumas juga memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, di mana kegiatan ini merupakan tugas pokok sehari-hari seperti pengaturan arus, patroli dan pelayanan Kepolisian. “Di hari jadinya yang ke-69, diharapkan Polwan semakin profesional dalam bertugas untuk memberikan perlindungan pengayoman pelayanan kepada masyarakat,” kata Waka Polsek Purwokerto Selatan ini.(san)