PURWOKERTO, SATELITPOST-Bersama dengan Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) Kepolisian Sektor (Polsek) Purwokerto Utara mengadakan pelatihan PPLH bagi kader lingkungan hidup dan kehutanan Das Serayu bagian tengah di Aula Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara, Rabu (13/9).

Menurut Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah SH SIk MHum melalui Kapolsek Purwokerto Utara, Kompol Aloysium Umbu Tellu SH mengungkapkan, kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Lingkungan (PPMPL) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pihaknya sangat mendukung, karena banyak manfaat positif yang bisa diberikan kepada masyarakat khususnya Kecamatan Purwokerto Utara.

“Dalam kegiatan pelatihan ini, sampah dapat mejadi barang atau produk baru yang bermanfaat dan dapat menghasilkan nilai jual daya beli yang lebih ekonomis, sehingga dapat menambah penghasilan rumah tangga selain pekerjaan utama,” ujarnya.

Sehingga dengan adanya kegiatan positif tersebut pihaknya langsung mengerahkan anggota Bhabinkamtibmas untuk membantu memberikan pelatihan kepada masyarakatnya. Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Aipda Teguh Suretno SH, dirinya mengajak kepada seluruh peserta pelatihan untuk menjaga kebersihan terutama sampah.

“Sampah merupakan sumber dari penyakit dan tidak kalah pentingnya dari masalah keamanan. Sehingga dengan adanya kegiatan sampah yang bisa diolah sebagai barang produksi rumahan, kami sangat mendukung,” kata dia.

Sementara itu menurut Koordinator kegiatan tersebut, Heny Puspita  mengungkapkan materi pelatihan sendiri meliputi praktek Hidroponik, praktek Biopori dan praktek pengolahan sampah dengan cara memanfaatkan pengolahan sampah organic dan non organic. “Sampah terbagi menjadi lima yakni sampah yang dapat didaur ulang, sampah yang dapat digunakan ulang, sampah mudah terurai, sampah lainnya dan sampah berbahaya dan beracun,” ujarnya.

Namun, pihaknya telah menemuka solusi untuk sampah-sampah tersebut yakni dengan system Reuse, Reduce dan Recycle (3R). Dengan Reuse berarti berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.

Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat dan dapat menghasilkan nilai jual daya beli yang lebih ekonomis sehingga dapat menambah penghasilan rumah tangga selain bekerja.(san)

Komentar

komentar

BAGIKAN