KETUA Panwascam Cipari Aminudin SPdi MPd melantik Ketua PPL Desa di Aula PKBM Giriwangi Kecamatan Cipari, Jumat (12/1).SATELITPOST/TASLIM INDRA

CIPARI, SATELITPOST-Sebanyak 11 orang Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap dilantik, Jumat (12/1). Pelantikan dilaksanakan di Aula PKBM Giriwangi Cipari, ditandai dengan prosesi pengucapan sumpah dan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Cipari Amindudin SPdi MPd.

Dalam pelantikan PPL dihadiri Forkompimca Kecamatan Cipari, Ketua Panwas Kabupaten  Cilacap, Kepala UPT Dinas P dan K Cipari, Puskesmas Cipari, kepala desa, pengurus parpol di wilayah Kecamatan Cipari.

Ketua Panwaslu Kecamatan Cipari,  Cipari Amindudin SPdi MPd menyampaikan PPL yang dilantik merupakan peserta yang lolos dalam seleksi administrasi. Mereka sehat jasmani maupun rohani dan bebas dari narkoba.

Diungkapkan ada sebanyak 35 orang pendaftar. Setelah dilakukan penyaringan dan seleksi, ada sebanyak 11 peserta yang lolos. Selajutnya mereka akan menjalani tes kejiwaan, tes urine untuk memastikan mereka sehat secara jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba.

“Setelah dilantik PPL yang dilantik selanjutnya akan mendapat pembekalan berupa pembinaan teknis terkait tugas pengawasan pelaksanaan pemilu,” katanya.

Amin menambahkan PPL pihaknya juga sudah mempersiapkan layanan Pengaduan Pelanggaran Pemilu secara online, tak hanya pengaduan pelanggaran tetapi juga terbuka dengan kritikan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Cilacap Miftah SH mengucapkan selamat atas pelantikan tersebut. Dia menegaskan PPL harus bisa menjaga kondusifitas dengan parpol serta forkompimcam.

Selain itu PPL juga harus berperan dalam pengawasan antara lain mengecek daftar pemilih sudah sesuai atau belum dengan fakta di lapangan, apakah nama yang tercantum dalam daftar pemilih sementara benar ada atau sudah meninggal.

Berkaca dari pengalaman pemilu sebelumnya masalah yang sering muncul adalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak sesuai di lapangan, contohnya pemilih yang sudah meninggal masuk dalam DPT.

“Saya berharap pada tahap pengumuman Daftar Pemilih Sementara ini PPL di desa ikut berperan mengecek ke lapangan daftar pemilih tersebut sebelum diumumkan DPT,” kata dia.(lim)