SEJUMLAH 45 orang anggota DPRD Purbalingga Periode 2019-2024, dilantik dan diambil sumpahnya, di Ruang Paripuna DPRD, Senin (19/8).ISTIMEWA
SEJUMLAH 45 orang anggota DPRD Purbalingga Periode 2019-2024, dilantik dan diambil sumpahnya, di Ruang Paripuna DPRD, Senin (19/8).ISTIMEWA

PURBALINGGA, SATELITPOST  – 45 orang Anggota DPRD Purbalingga Periode 2019-2024, dilantik dan diambil sumpahnya, di Ruang Paripuna DPRD, Senin (19/8). Dari jumlah tersebut, 25 wajah lama dan 20 lainnya merupakan wajah baru. Satu di antaranya adalah Aman Waliyudin dari PKB yang juga dijadikan Wakil Ketua Sementara.

“Selain pelantikan dan pengambilan sumpah, dalam rapat paripurna itu juga ditetapkan pimpinan dewan sementara. Ketua Dewan sementara adalah Bambang Irawan dari PDIP dan wakil ketua, Aman Waliyudin dari PKB,” kata Sekretaris DPRD, Tri Gunawan, kemarin (19/8).

Wakil rakyat Purbalingga periode 2019-2014, terdiri dari perwakilan delapan parpol peserta pemilu. Secara rinci, masing-masing berasal dari partai  PDIP 10 kursi, PKB 9 kursi, Partai Golkar 7 kursi, Partai Gerindra 6 kursi, PKS dan PAN dengan perolehan kursi masing-masing 4. Sedangkan PPP dan Partai Demokrat dengan masing-masing 2 kursi. Sementara Partai Nasdem, hanya menempatkan satu perwakilannya.

“Penunjukan ketua dan wakil ketua sementara, merupakan peraturan DPRD Kabupaten Purbalingga yang tertuang dalam tata tertib, bahwa pimpinan berasal dari dua partai politik dengan kursi terbanyak di DPRD Purbalingga,” kata Tri Gun.

Bambang Irawan berharap, anggota DPRD 2019-2024 yang baru saja dilantik agar bekerja secara sungguh-sungguh demi kepentingan masyarakat. Dia menilai, para anggota dewan harus selalu dekat dengan rakyat agar aspirasi bisa terserap untuk kemudian diperjuangkan.

“Permasalahan dan kebutuhan masyarakat bisa diketahui, jika kita terjun langsung di tengah masyarakat dan dengan itu kita baru bisa memecahkan permasalahan,” ujarnya.

Bambang juga mengajak anggota terlantik, untuk melakukan tiga fungsi DPRD, yakni pengawasan, anggaran dan legislasi dengan baik. Sinergitas DPRD dengan Pemkab, juga menjadi sorotan agar terus dijaga dan ditingkatkan.

“Kerjasama dan sinergitas antara DPRD dan Pemkab yang selama sudah terbangun, untuk bisa ditingkatkan lagi,” kata dia.

Sembari menunggu ditetapkan jabatan definitif, ketua dan wakil akan mengajak para anggota terlantik mendalami tupoksinya. Selanjutnya jika sudah mendapatkan jabatan tetap, akan disusul dengan penyusunan alat kelengkapan dewan.

“Kita menunggu devintif dari empat partai, yakni PDIP, PKB, Golkar, dan Gerindra. Selanjutnya, kami segera lakukan pelantikan. Selama masa ini, kami akan lakukan orientasi, terutama bagi anggota baru. Jadi masa sementara ini, akan digunakan untuk menambah disiplin ilmu dan menjalin komunikasi emosional yang lebih baik,” kata Bambang. (min)