ROMBONGAN PT Angkasa Pura I bersama Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (berkerudung) melihat objek wisata Goa Lawa, Karangreja, Purbalingga, beberapa waktu lalu. Angkasa Pura akan membantu pengembangan destinasi wisata Goa Lawa satu di antaranya pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes). ISTIMEWA
ROMBONGAN PT Angkasa Pura I bersama Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (berkerudung) melihat objek wisata Goa Lawa, Karangreja, Purbalingga, beberapa waktu lalu. Angkasa Pura akan membantu pengembangan destinasi wisata Goa Lawa satu di antaranya pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes). ISTIMEWA

PURBALINGGA, SATELITPOST-PT Angkasa Pura I akan membantu pengembangan destinasi wisata Goa Lawa Purbalingga (Golaga). Golaga dinilai memerlukan penguatan sarana dan prasarana. Satu di antaranya pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes).

Hal tersebut disampaikan Direktur PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam kunjungannya di Purbalingga, Rabu (10/7/2019). Menurut Faik Fahmi, Golaga merupakan destinasi pariwisata di Purbalingga yang sangat potensial dikembangkan. Namun perlu dilengkapi sarprasnya. Fasilitas yang bakal dibangun AP I di kawasan atas Golaga berupa sarana penginapan semacam homestay. Harapannya bisa menjadi tempat mengekspose produk-produk yang menjadi unggulan di Kabupaten Purbalingga khususnya yang berada di sekitar Golaga.

“Konsep yang ingin kami kembangkan di sini berupa Balai Ekonomi Desa (Balkondes), seperti yang sudah kami lakukan di Borobudur. Kami menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan tourism, tapi sekaligus bisa memberdayakan masyarakat,” katanya.

Fail mengatakan, rencana tersebut akan dilakukan sesegera mungkin. Sehingga bisa cepat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Purbalingga. Fail mengaku, rencana ini dilakukan untuk menindaklanjuti hasil kunjungan Menteri BUMN, Rini Soemarno beberapa waktu lalu.  “Kami ingin gerak cepat, mudah-mudahan tahun ini sudah selesai. Setidaknya, pada Oktober nanti mudah-mudahan sudah bisa terwujud,” katanya.

Sementara Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mengaku sangat mendukung apa yang akan dilakukan jajaran BUMN khususnya Angkasa Pura I dalam pengembangan pariwisata di Purbalingga. Fasilitas pendukung pariwisata lainnya, adalah homestay dengan konsep Sky Garden yang dapat melengkapi fasilitas Glamping (Glamour Camping) yang sudah dibangun Owabong sebagai pengelola Golaga.

“Ada beberapa bantuan dari pihak Angkasa Pura I, satu di antaranya melalui program Balkondes yang akan ditempatkan di kawasan wisata Golaga. Tentu saja ini akan menambah fasilitas yang ada di Golaga ini. Ini sangat menggembirakan, apalagi sebentar lagi Purbalingga akan memiliki Bandara yang juga diharapkan bakal mempermudah wistawan baik nasional maupun mancanegara untuk datang di Purbalingga,” kata Tiwi.

Plt Direktur Owabong Hartono, berterima kasih kepada jajaran BUMN dan Bupati Purbalingga yang telah menghadirkan dukungan pengembangan Golaga. Saat ini pihaknya tengah berbenah agar Golaga mampu menjadi wisata unggulan di Purbalingga. “Untuk mendukung Balkondes, kami akan menggaet potensi kopi dan nanas yang ada di sekitar Golaga sebagai produk unggulan Balkondes nantinya. Kami akan buatkan tempat pemrosesan nanas dan kopi sebagai produk oleh-oleh bagi wisatawan,” katanya. (min)