TERSANGKA pembobol ATM saat diamankan polisi, Sabtu (9/12).SATELITPOST/AMIN WAHYUDI

BOBOTSARI, SATELITPOST -Tiga tersangka pembobol mesin ATM yang identitasnya belum dibuka ke publik dicokok polisi, Sabtu (8/12) lalu. Dalam aksi penangkapan ini, seorang personel Polisi Lalu Lintas dari Bobotsari, Purbalingga, Aiptu Bittleasmoko boleh disebut menjadi yang paling berjasa.

Penangkapan ini dilakukan setelah Polsek mendapatkan laporan terkait aksi kejahatan tersebut sekitar pukul 09.45. Usai mendapatkan laporan terkait kejadian ini, Polsek langsung menyebarkan informasi ke seluruh personel polisi di Purbalingga.

Kaposlantas Bobotsari, Aiptu Bittleasmoko adalah satu dari beratus anggota yang mendapatkan informasi ini. Dalam informasi yang disebarkan, pelaku pembobolan ATM dikabarkan mengendarai mobil Toyota Avanza hitam bernomor polisi B 1495 FZI.

Mendapatkan informasi macam ini, Aiptu Bittle yang tengah menjalankan tugas piket langsung turun ke jalan. “Kebetulan saat itu tak berselang lama mobil dengan ciri-ciri yang dimaksud lewat, mobil melaju kencang,” ujarnya.

Melihat kendaraan dengan deskripsi tersebut melintas, ia seorang diri langsung melakukan pengejaran. Dia juga mencoba menghentikan laju mobil tersebut.

“Setelah berhenti saya periksa surat-surat. Ternyata pelaku marah-marah saat kendaraannya saya periksa. Mereka bertanya, kenapa dihentikan padahal tidak melakukan kesalahan dan tidak ada razia,” kata dia.

Mendapati respons tersebut, Bittle mencoba mengajak keluar sang sopir. Tujuannya untuk meredam amarah dengan berbincang dengan santai. Sopir pun turun dari mobil, sementara kedua rekan mereka tetap berada di dalam mobil.

Tindakan tersebut dilakukan Bittle untuk mengulur waktu, sembari menunggu Kasat Lantas Polres Purbalingga dan personel lain untuk tiba di lokasi.

“Sambil menunggu bantuan, saya ulur waktu. Sekitar 10 menit, bantuan personel dari Polsek Bobotsari dan Satlantas tiba di lokasi dan melakukan penangkapan serta pemeriksaan terhadap pelaku,” ujarnya.

Aksi berani Bittle pun menjadi kunci penangkapan pelaku pembobol ATM tersebut. Kasatlantas Polres Purbalingga, AKP Sukarwan mengaku sangat mengapresiasi keberanian Aiptu Battle. Sebab, berkat keberanian anggotanya, para pelaku pembobolan ATM di wilayah Kecamatan Bobotsari bisa ditangkap.

“Identitas para pelaku tidak kami catat. Ketiga pelaku langsung diserahkan ke Satreskrim Polres Purbalingga untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Sukarwan. (aminbellet@gmail.com)

Komentar

komentar

BAGIKAN