PETUGAS pemadam kebakaran dan sejumlah pihak sedang memadamkan Dusun Terisi Desa Tamansari RT 2 RW 13, Sabtu (7/12).

PURBALINGGA, SATELITPOST – Ditinggal ke rumah tetangga, rumah milik Waryim (56) warga Dusun Terisi Desa Tamansari RT 2 RW 13 hangus terbakar, Sabtu (7/12). Api bersumber dari tungku yang ditinggal saat memasak. Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian materi ditaksir mencapai Rp 20 juta.

 

“Api berasal dari tungku tradisional, saat memasak, tungku ditinggal ke rumah tetangga,” kata Kepala Satpol PP Suroto, Minggu (8/12).

 

Diceritakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Saat itu, pemilik rumah sedang memasak di dapur. Kemudian, dia bermaksud pergi sebentar ke rumah tetangga. Namun, saat itu diduga api menjalar ke kayu bakar di sekitar tungku. Kemudian merambat ke bagian lain dan membesar. “Diduga karena api merambat, karena banyak bahan yang mudah terbakar,” ujarnya.

 

Begitu terlihat kepulan asap dan kobaran api, warga berteriak histeris. Peristiwa tersebut kemudian dilaporkan ke perangkat desa, dan dilanjutkan laporan ke pemadam kebakaran. Tak berselang lama, satu unit pemadam pos Bobotsari datang ke lokasi. “Alhamdulillah tak sampai satu jam api berhasil dipadamkan,” katanya.

 

Suroto mengimbau, kepada masyarakat untuk lebih waspada dan hati-hati. Bila hendak meninggalkan rumah, dipastikan api kompor atau tungku dipastikan sudah padam. (min)