Anggota Polsek Kutasari melakukan olah TKP pencurian yang terjadi di Desa Sumingkir, Rt 18/8, Kecamatan Kutasari, Senin (13/5) malam.

PURBALINGGA, SATELITPOST – Aksi maling saat bulan Ramadan semakin menjadi-jadi. Salah satunya justru beroperasi kala penghuni rumah melaksanakan salat tarawih di masjid. Kapolsek Kutasari AKP Bambang Sidik Sanyata mengatakan peristiwa pencurian terjadi di rumah milik Surya Dimeja (68) pada Senin (13/5/2019) malam.

Warga Desa Sumingkir, RT 18/8, Kecamatan Kutasari itu kehilangan keris, tombak, patung kuningan, uang tunai, sejumlah perhiasan, dan alat pancing. “Mendapati laporan tersebut, anggota langsung melakukan olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi,” kata kapolsek.

Kepada polisi, korban bercerita mengetahui kejadian setelah pulang tarawih. Korban mendapati jendela kamar terbuka. Sejumlah barang pun berceceran di lantai. Saat dicek, benda berharganya telah raib. Di antaranya, benda pusaka, gelang 5 gr, 3 cincin  6 gr, uang tunai Rp 2,6 juta, HP Nokia, dan alat pancing. Total kerugian diperkirakan mencapai Rp 5,8 juta.

“Pelaku diduga masuk dengan cara memanjat tembok keliling samping rumah,  kemudian merusak jendela. Anggota menemukan jejak kaki pada tembok keliling dan kerusakan pada salah satu jendela di rumah korban tersebut,” ujarnya.

Berbekal informasi dalam pemeriksaan, jajaran Polsek Kutasari akan melakukan penyelidikan lebih mendalam. Kapolsek mengimbau agar masyarakat lebih waspada saat meninggalkan rumah. “Kami mengimbau masyarakat yang hendak beribadah maupun bepergian agar lebih waspada dalam menyimpan barang-barang berharga miliknya. Kami berusaha agar kasus ini bisa cepat terungkap dan pelaku bisa teridentifikasi,” katanya. (Cr3)