PURBALINGGA, SATELITPOST – Perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Purbalingga diminta untuk menyediakan tempat pembuangan sampah (TPS). TPS yang disediakan hendaknya tidak hanya sekadar menampung sampah. Namun, dilengkapi dengan petugas pengelolaan sampah.  Hal tersebut diharapkan bisa membantu mengurangi persoalan sampah yang dihadapi pemerintah kabupaten setempat.

“Kita ingin perusahaan-perusahaan menyediakan TPA, lengkap dengan pengelolanya. Jadi tidak sekedar menampung, tapi memilah juga,” kata Kasi pengelolaan sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Purbalingga, Catur Kurniawan, kemarin.

Selain perusahaan, TPS juga diharapkan ada di pasar-pasar yang besar. Sehingga di pasar juga tidak hanya menimbun saja. Sementara ini, di pasar hanya disediakan container sebagai penampung sampah. Nantinya diharapkan bisa ada pengelolaan sekaligus.

Diketahui, Penanganan masalah sampah di Kota Perwira masih belum optimal. Baik dalam pengangkutan, maupun dalam pengolahan. Banyak faktor yang menjadi penyebab. Namun, faktor paling penting adalah kesadaran masyarakat yang masih sangat rendah.

“Masyarakat masih menganggap sampah adalah hal sepele, padahal jika dibiarkan bisa memberikan dampak besar dalam keberlangsungan hidup,” kata Catur.(min)

Komentar

komentar

BAGIKAN