Ilustrasi

PURBALINGGA, SATELITPOST–Seorang perempuan berinisial SI (44), warga Desa Begagas, Kecamatan Pengadegan diamankan oleh personel dari Polsek Purbalingga, Senin (4/12). SI ditangkap lantaran kedapatan mencuri di Pasar Hartono, Kelurahan Purbalingga Kulon, Senin (4/12).

Pelaku pencurian terlebih dahulu diamankan pedagang pasar saat kepergok mengambil barang berupa makanan dan sayuran. Selanjutnya diamankan di rumah ketua RT setempat sebelum diserahkan ke kepolisian.

Kapolsek Purbalingga AKP Jaenul Arifin mengatakan, penangkapan ini berawal dari informasi adanya pencuri tertangkap di pasar. Sesampainya di TKP, tersangka yang sudah diamankan di rumah ketua RT langsung dibawa ke Polsek Purbalingga bersama barang bukti hasil curian.

“Pelaku pencurian langsung kita evakuasi dari lokasi untuk mencegah terjadinya aksi massa atau main hakim sendiri warga yang geram terhadap ulah pelaku,” ujar kapolsek.

Selanjutnya di polsek pelaku dipertemukan dengan korban pencurian. Korban yaitu R. Iwan Setiawan (44) pedagang di pasar tersebut beralamat di Kelurahan Purbalingga Kulon RT 2 RW 2. Dari keterangan korban dari barang yang dicuri total kerugian Rp. 50 ribu.

Kapolsek menambahkan, karena nominal barang yang dicuri hanya Rp. 50 ribu, kasusnya masuk kategori tindak pidana ringan. Oleh sebab itu kita lakukan upaya mediasi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Pihak korban bersedia untuk menyelesaikan kasusnya melalui musyawarah. Namun, demikian pelaku tetap diberikan pembinaan agar tidak mengulangi lagi perbuatannya. Setelah kedua belah pihak sepakat, selanjutnya dibuat surat penyataan sebagai bukti penyelesaian masalah.(pan)

Komentar

komentar