SEBUAH truk terperosok ke parit, di Desa Wlahar, Kecamatan Rembang, Minggu (1/12) malam.

PURBALINGGA, SATELITPOST  – Sebuah truk masuk parit di wilayah Dusun Kemangunan Desa Wlahar, Kecamatan Rembang, Minggu (1/12) malam. Kecelekaan tunggal itu dialami oleh truk pengangkut pasir bernomor polisi R-1362-JL. Beruntung, Kasrol (50) warga Desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol, yang mengemukan truk tersebut selamat dari maut.

Kapolsek Rembang Iptu Sunarto mengatakan, bahwa peristiw tersebut terjadi malam hari dan sedang turun hujan deras. Diduga, jalanan yang licin menjadi penyebab sulit dikendalikannya truk tersebut. Terlebih di lokasi itu merupakan jalan menikung dn menurun.

“Beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa kecelakaan tersebut, truk terperosok dengan pelan dan pengemudi berhasil menyemalatkan diri,” kata Iptu Sunarto, kemarin (2/12).

Iptu Sunarto mengatakan, berdasarkan keterangan pengemudi, truk membawa muatan pasir akan dibawa ke Desa Tajug Kecamatan Karangmoncol. Saat melintas di lokasi pada jalan menikung dan menurun, laju truk sulit dikendalikan. “Sebelum masuk parit, truk tergelincir menabrak pembatas jalan dan masuk selokan dengan posisi sebagian menghalangi jalan,” ujarnya.

Begitu mendapatkan laporan, anggota Polsek Rembang langsung datang ke lokasi kejadian. Bersama warga mengevakuasi truk tersebut agar tidak menggangu arus lalu lintas. Truk dievakuasi dengan cara ditarik dengan truk lain. “Truk akhirnya berhasil dievakuasi sekitar pukul 22.00 WIB. Setelah truk dievakuasi,” kata dia.

Kapolsek mengimbau kepada pengguna jalan yang melintasi jalur tersebut untuk  berhati-hati dan waspada. Khusus pengemudi barang pastikan muatan tidak melebihi ketentuan. Karena jalan yang menikung dan menurun rawan terjadinya kecelakaan apalagi di musim hujan seperti sekarang.

“Bagi pengguna jalan yang melintas di wilayah Rembang untuk selalu berhati hati, perhatikan batas tonase kendaraan, kondisi kendaraan serta perhatikan rambu lalu lintas yang ada, hal tersebut agar kecelakaan serupa tidak terjadi lagi,” kata Iptu Sunarto. (min)