PURBALINGGA, SATELITPOST– Jevany Nur Khaerunnisa dan Fatma Amalia Adyan dikukuhkan sebagai duta literasi MTs Negeri 1 Purbalingga. Menyusul diterbitkannya karya cerita pendek (cerpen) mereka di sebuah buku ontologi bertajuk “Sang Desainer Batik”. Waka Humas MTs Negeri 1 Purbalingga, Abas Rosadi mengatakan, pengukuhan keduanya dilakukan bersamaan dnegan peringatan HUT Guru Nasional dan HUT ke-74 PGRI.

Menurut Abas, meski baru di-launching di sebuah rumah makan di Purbalingga, Minggu (24/11), buku tersebut telah laku terjual hampir 400 eksemplar. Abas menambahkan, cerpen berjudul “Sebuah Janji” dan “Akibat Kebohonganku” karya kedua siswa tersebut merupakan sebagian dari 23 karya terbaik pada Lomba Penulis Cilik Purbalingga 2019.

Capaian dari kedua pelajar ini diharapkan menjadi inspirasi kepada para siswa di MTs Negeri 1 Purbalingga tertarik mengembangkan budaya menulis. “Kita lebih cenderung menghakimi diri tidak bakat menulis. Sedangkan bakat tidak akan membawa perubahan berarti jika tidak diasah dengan pembiasaan yang konsisten,” kata dia.(tha)