SEJUMLAH calon jemaah haji se Kabupaten Banyumas menjalani proses manasik haji di GOR Satria Purwokerto, Kamis (13/7). SATELITPOST/ANANG FIRMANSYAH

PURBALINGGA, SATELITPOST-Kuota jemaah haji Kabupaten Purbalingga tahun 2018 sebanyak 560 orang. Jumlah tersebut mengalami penurunan jika dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2017, kuota haji Purbalingga sebanyak 813 orang. Pemberangkatan calon jemaah haji (Calhaj) 2018, secara nasional diperkirakan pada bulan Juli.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Purbalingga, Ratmono mengatakan tahun ini mengalami penurunan yang jumlahnya sekitar 253 jemaah dibanding tahun sebelumnya. Jumlah di tahun ini merupakan kuota normal, hal itu juga dipengaruhi pembangunan infrastruktur Masjidil Haram yang belum selesai.

“Soal jadwal keberangkatan, kami belum bisa menentukan, karena masih menunggu hasil penentuan dari tingkat provinsi. Namun pemberangkatan secara nasional diperkirakan akan dimulai pada 17 Juli mendatang, untuk kloter pertama, gelombang pertama,” kata Ratmono, Sabtu (10/3).

Sampai bulan ini, kata Ratmono, pengurusan berkas-berkas tidak ada masalah yang berarti. Termasuk di antaranya pemotretan parpos untuk calhaj di Kabupaten Purbalingga. Satu di antara yang menunjang cepatnya proses pemotretan paspor yakni karena sudah bisa dilakukan di Kantor Kemenag Purbalingga.

“Saat ini pemotretan paspor sudah tuntas yang dilaksanakan kantor Kemenag Purbalingga. Hal ini berkat kerja sama antara Kemenag dengan Pemkab Purbalingga, sehingga proses pemotretan tidak di Kantor Imigrasi Cilacap namun di Kantor Kemenag,” katanya.

Ratmono menambahkan kerja sama ini baru satu-satunya di eks Karesidenan Banyumas. Cilacap, Banjarnegara, Banyumas dalam pembuatan paspor masih di Kantor Imigrasi. Dengan adanya kerja sama ini membuat nilai plus tersendiri bagi Kemenag Purbalingga dalam upayanya melakukan peningkatan pelayanan haji.

“Untuk seluruh calon jamaah haji agar menjaga kondisi kesehatan, agar dapat berangkat sesuai jadwal yang telah ditentukan nantinya. Bagi, calon jamaah haji yang sudah terdaftar masuk pemberangkatan tahun ini, agar terus mengikuti perkembangan informasi,” katanya. (min)