Siswa melihat koleksi Museum Soegarda dalam kegiatan Museum Masuk Sekolah di SMP negeri 4 Kemangkon. foto ISTIMEWA

PURBALINGGA, SATELITPOST – Ratusan siswa nampak antusias melihat koleksi yang dipamerkan Museum Soegarda di SMPN 4 Kemangkon, Senin (16/12). Kegiatan yang bertajuk Museum Masuk Sekolah ini juga mendapat sambutan hangat dari pengunjung dari luar sekolah.

Kegiatan diisi dengan sosialisasi keberadaan Museum Soegarda dilanjutkan dengan kunjungan siswa ke stand pameran di dalam kelas yang telah diset jadi ruang pamer. Sementara menunggu antrian berkunjung tim juga menyediakan merchandise melalui permainan berkelompok di lapangan sekolah.

Pengelola Museum Soegarda, Anita mengatakan Museum Masuk Sekolah baru pernah dilakukan. “Tahun ini hanya satu sekolah saja dengan pendanaan DAK Non Fisik Museum dan Taman Budaya Kemdikbud RI,” ujarnya.

Anita menambahkan, koleksi yang dipamerkan disana merupakan koleksi dari situs perbengkelan gelang batu Limbasari dan Ponjen; koleksi Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja; koleksi peralatan nderes; koleksi setrika arang; pekinangan; Tombak Pusaka Duplikat dan Pedang, dan foto lingga yoni kedungbenda.

Pembukaan kegiatan Museum Masuk Sekolah, Senin (16/12). foto ISTIMEWA

Menurut Anita, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan museum, sehingga media nyata belajar sejarah bagi siswa karena mereka melihat langsung bendanya.Selain itu, helatan tersebut juga mengisi waktu classmeeting para siswa.

“Bahkan siswa pun tidak tahu jika kemangkon memiliki peninggalan bersejarah lingga yoni di kedungbenda,” kata Anita.(min)