PLT Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi memberikan santunan kepada anak yatim saat kegiatan salat Subuh di Masjid Baitul Mutaqin Desa Darma, belum lama ini.istimewa

PURBALINGGA, SATELITPOST – Berbagai kegiatan akan diselenggarakan oleh Pemkab Purbalingga dalam rangka memeringati hari jadi Purbalingga ke ke-188. Di antaranya yakni pengajian akbar, ziarah makan leluhur, kirab pusaka dan manggala praja, santunan, dan pada malam resepsi menghadirkan hiburan pentas tari ISI dan penyanyi legendaris Ebit G Ade.

Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE, BEcon, MM meminta para jajaran camat dan masyarakat untuk bersama menyengkuyung perayaan momen spesial itu. Bersamaan dengan kegiatan Subuh berjamaah dan Germas, di Kecamatan Kertanegara, beberapa waktu lalu, Tiwi sudah memulai melakukan pembagian santunan kepada ayak yatim dan piatu.

“Berbagai bantuan yang diberikan menjadi salah satu bentuk perhatian dan kepedulian untuk berbagi kebahagian dengan masyarakat . Sehingga rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Purbalingga dapat dirasakan juga oleh masyarakat. Selain santunan anak yatim, piatu dan yatim piatu, kami juga membawa 165 paket beras Purbalingga (Rasbangga, red), juga makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita,” kata Tiwi di hadapan para jamaah shalat Subuh di Masjid Baitul Mutaqin Desa Darma.

Banyaknya rangkaian dalam rangka hari jadi tersebut, diharapkan jajaran kecamatan, desa sampai masyarakat umum untuk ikut berperan. Sehingga bisa menambah semarak perayaan yang ada. Diantaranya adalah untuk pemasangan umbul-umbul dan sapnduk di tempat-tempat strategis.

“Bulan ini akan ada banyak sekali rangkaian acara peringatan hari jadi. Dimana diantaranya membutuhkan sengkuyung dari jajaran kecamatan dan masyarakat di seluruh wilayah kabupaten Purbalingga. Diantarnya dengan pemasangan layur merah putih dan layur warna-warni serta pemasangan spanduk atau baliho di tiap kecamatan dan tempat-tempat strategis lainnya,” ujarnya.

Kepala Bagian Humas Setda Drs Suroto, Msi merinci, rangkaian peringatan Hari Jadi Purbalingga dibuka dengan pengajian akbar menghadirkan Habib Ali Zaenal Abidin Assegaf di Alun Alun Purbalingga, Minggu malam (2/12) lalu. Kegaitan yang sama juga bakal diadakan pada malam tasyakur Hari Jadi Purbalingga, Senin (17/12) di Alun Alun. Pengajian akbar kali ini menghadirkan Syech Ali Jaber.

“Acara pokok mulai 14 Desember berupa ziarah makam leluhur, pengajian akbar pada (17/12), Pahargyan Agung dan Kirab Pusaka dan Manggala Praja, Rapat Paripurna DPRD dan Kirab Gunungan tepat pada 18 Desember 2018. Malamnya dilanjutkan resepsi menghadirkan hiburan Pentas Tari ISI dan penyanyi legendaris Ebit G Ade,” katanya.

Tidak hanya itu, ada juga rangkaian pendukung, yakni Lomba Tek-Tek Kentongan di Alun Alun Purbalingga (8/12), Festival Dolanan Anak Tingkat kabupaten di Desa Kembaran Wetan Kecamatan Kaligondang (10/12), kemudian Lomba karawitan antar OPD, Kecamatan dan Pelajar (12–13/12), dan anjangsana pemberian santunan tali asih kepada orang dengan kecacatan berat (ODKB) pada (17/12).

“Selain itu ada juga pentas hiburan rakyat di Alun Alun. Purbalingga Fair pada 19-22 Desember di Stadion Goentoer Darjono, Pentas Band Padi Reborn di Alun Alun pada 22 Desember, Festival Kopi di Alun Alun (28-29 Desember), Pawai Budaya dan Purbalingga Vaganza (30 Desember) dan Festival Kuliner di Bale Agung,” ujarnya.

Terkait kegiatan pemberian santunan anak yatim piatu, Kepala bagian Kesra Setda Purbalingga Eni Sosiyatman, S.Sos menuturkan santunan yatim piatu dalam rangka Hari jadi ke-188 kabupaten Purbalingga diberikan kepada 4.794 anak yang tersebar di 18 kecamatan se kabupaten Purbalingga. Santunan tersebut, lanjut Eni diberikan di masing-masing kecamatan yang diikutkan dengan kegiatan Plt Bupati Purbalingga di wilayah. “Untuk wilayah kecamatan Kertanegara jumlahnya 217 anak. Diserahkan di Desa Darma saat Subuh Berjamaah sebanyak 10 anak dan sisanya 207 anak diserahkan pada kegiatan Germas di Desa Karangpucung,” kata Eni.

Eni merinci, penyebaran pemberian santunan masing-masing kecamatan jumlahnya bervariasi. Untuk Kecamatan Purbalingga sebanyak 262 anak, Kecamatan Kalimanah 281 anak, Kemangkon (352), Bojongsari (293), Pengadegan (193), Kejobong (233), Padamara (262), Kaligondang (385) dan Kertanegara (217). Wilayah lainnya, Kecamatan Rembang (269), Bobotsari (291), Mrebet (387), Karanganyar (265), Bukateja (267), Karangjambu (141), Karangreja (174), Kutasari (287) dan Karangmoncol (235).

“Penyerahan santunan di sejumlah kecamatan telah dilakukan dalam rangkaian kegiatan peresmian proyek-proyek pembangunan tahun anggaran 2017,” katanya. (adv)