Pemuda Desa Tumpuan Negara

Yudo Trianto, Kepala Desa Karangasem, kecamatan Kertanegara

Atas dorongan kuat warga desanya, Yudo memantapkan niat mengemban amanat sebagai Kepala Desa Karangasem. Pria kelahiran Purbalingga 6 Juni 1974 ini mengakui, awalnya dia tak berniat dengan jabatan nomor satu di desanya itu.

“Jadi kepala desa disurung-surung kon nyalon karena dianggap masih muda dan punya banyak energi. Alhamdulillah sekarang udah menjabat selama 10,5 tahun,” katanya.

Alumni Fisip Unwiku ini mengatakan, sebagai kepala desa dituntut memiliki kelapangan dada dan kesabaran ekstra.

“Tidak boleh mudah berkeluh kesah, terima apa adanya. Setelah turun ke masyarakat, kita saling berbagi dan semua persoalan bisa diatasi bersama,” katanya.

Dia berkomitmen mengabdikan penuh hidupnya untuk kemajuan desanya. Dia berharap kepemimpinannya di Desa Karangasem bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

“Meskipun kita di ujung gunung, ya jangan sampai kalah sama yang diperkotaan,” Katanya

Sebagai orang yang sudah mengeyam banyak asam garam, Yudo berpesan kepada generasi muda untuk terus maju dan berinovasi. “Pemuda sebagai ujung tombak sebuah desa, bahkan negara. Kalau pemuda di desa berpikiran maju, tidak hanya desa yang ikut maju. Buatlah kegiatan-kegiatan positif, karena pemuda merupakan penerus bangsa. Jika generasi desa kuat, negara pun akan kuat,” katanya. (cr)