PETUGAS pemadan kebakaran Purbalingga memadamkan api yang membakar sebuah rumah di Desa Babakan, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Minggu (7/10). ISTIMEWA

PURBALINGGA, SATELITPOST – Satu unit rumah di wilayah Desa Babakan RT 10 RW 02, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga hangus terbakar. Diduga, sumber api berasal dari bakaran sampah di belakang rumah.

 

Diprediksi, peristiwa tersebut membuat pemilik rumah Sukarto Jaeni (72) mengalami kerugian sampai ratusan juta rupiah. “Tidak ada korban jiwa, namun kerugian diprediksi mencapai ratusan juga rupiah,” kata Komandan Damkar Purbalingga, Wuwun, Minggu (7/10).

 

Wuwun menyampaikan, peristiwa tersebut diketahui terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Sebelumnya, di belakang rumah korban, dilakukan pembakaran sampah. Namun, diduga karena ada hempasan angin, menjadikan api merambat ke bagian lain.

 

“Informasinya, sebelum terjadi kebakaran, di belakang rumah korban sedang ada yang membakar sampah, mungkin karena angin jadi membakar bahan lain hingga sampai merambat ke rumah korban,” ujarnya.

 

Begitu mendapatkan informasi tersebut, unit damkar langsung menurunkan personel ke lokasi. Empat truk damkar turun di lokasi untuk menjinakkan si jago merah. Tidak lebih dari satu jam berlangsung, api berhasil dijinakkan. “Namun barang-barang korban banyak yang tidak terselamatkan,” ujarnya.  (min)