WARGA memperlihatkan area sawah yang mengeluarkan uap di Desa Sidakangen,Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga, Rabu (13/3)

PURBALINGGA, SATELITPOST–Warga Desa Sidakangen, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga heboh lantaran sawah di wilayah RT 17/4 mengeluarkan gelembung dan uap panas. Warga setempat, Sariman (65)  dan Herman (37), mengetahui kejadian sejak Selasa (12/3) sore.

Sampai Rabu (13/3) pagi, ternyata keadaan sawah masih sama. Pemandangan itu pun jadi tontonan warga. Mereka pun lantas melaporkannya ke Polsek Kalimanah. Petugas yang datang mengecek kondisi sekitar, ternyata terdapat kabel pancang tiang listrik yang terpasak di pusat gelembung dan uap. Petugas mengamankan sawah dengan Police Line karena ditakutkan ada arus listrik yang mengalir.

“Kami imbau warga agar tidak mendekat lokasi. Dari pengamatan, ada panas yang mengalir di kabel pancang sehingga menimbulkan reaksi buih dan uap di permukaan sawah yang tergenang air,” kata Kapolsek Kalimanah AKP Sulasman.

Pihaknya pun menghubungi PLN untuk memeriksa kondisi tiang listrik. Ternyata, memang ada kebocoran dari jaringan kabel yang terkelupas. Arus listrik konslet dan menyebabkan panas mengalir melalui kabel pancang.

“Penyebab korslet karena ada kabel listrik yang terkelupas dimungkinkan karena gesekan dengan pohon yang menempel,” kata Kapolsek. Kerusakan pun segera ditangani oleh petugas PLN. Tak berselang lama, kondisi sawah kembali normal. (cr3)