PURBALINGGA, SATELITPOST – Sebanyak 239 peserta dinyatakan lolos seleksi menjadi Petugas Pengawas Lapangan (PPL) di Kabupaten Purbalingga, untuk pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. Rencananya pelantikan akan  dilaksanakan secara serentak di masing-masing kecamatan, Minggu (14/1).

 

Anggota Panwaslu Kabupaten Purbalingga, Joko Prabowo mengatakan, pada tahap pertama terdata sebanyak 800 orang pendaftar. Masuk tahap seleksi administrasi, dinyatakan lolos sebanyak 587 orang. Selanjutnya, tahap seleksi wawancara, tersisa 239 orang. Jumlah tersebut   merupakan hasil dari keseluruhan seleksi yang dilaksanakan oleh 18 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Purbalingga.

“Seleksi administrasi dan tes wawancara telah dilaksanakan Minggu (7/1), Tes seleksi wawancara pada Rabu (9/1). Rencananya pada Minggu (14/1) akan dilaksanakan pelantikan secara serentak di masing-masing Kecamatan,” kata Joko, Kamis (11/1).

 

Sebelum pelantikan, anggota PPL melakukan tes rohani dan tes narkotika. Tes rohani akan dilaksanakan secara serentak pada Kamis (11/1) sedangkan tes narkotika akan dilaksanakan Kamis-Sabtu(11-13/1) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R Goeteng Tarunadibrata Purbalingga.

 

“Tes tersebut bertujuan agar seluruh anggota PPL sehat secara rohani serta bebas dari penggunaan narkotika. Tes akan dibuat tiga gelombang yang masing-masing gelombang akan diikuiti kurang lebih sebanyak 80 orang ,” kata dia.

 

Joko berharap dengan terbentuknya PPL nanti pengawasan jalannya pemilu di tingkat desa akan lebih efektif dan lebih baik. “Anggota PPL yang akan terbentuk agar langsung bisa menyesuaikan diri dan dapat menjalankan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,” ujarnya. (min)

BAGIKAN