PURBALINGGA, SATELITPOST РTiga mantan karyawan Perusahaan Daerah (Perusda) Purbalingga Ventura menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang pada Rabu (10/3). Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Purbalingga menuntut mantan Direktur PD Ventura  empat tahun penjara dan dua karyawan lainnya tiga tahun penjara.

 

Kajari Purbalingga Nur Mulat Setiawan melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Meyer Volmar Simanjuntak, mengatakan tiga terdakwa ialah mantan direktur PD Purbalingga Ventura, Nova Aris M. Selanjutnya, dua mantan karyawan, Krisnu Bangkit W dan Anik Widya K. “Sidang sudah sampai tahap tuntutan untuk ketiga terdakwa. Untuk sidang selanjutnya, minggu depan agendanya pembelaan atau pleidoi dari para terdakwa,” katanya.

 

Sebelumnya, ketiga terdakwa ditahan pada 26 November 2018 oleh Kejari Purbalingga. Mereka ditetapkan sebagai tersangka pencairan kredit fiktif. Ada pengajuan kredit fiktif lebih dari 50 kelompok UMKM yang mereka karang sendiri unit usahanya. Mufakat jahat ketiga karyawan PD Ventura itu dilakukan pada medio 2014 – 2016.

 

“Selama tiga tahun ketiganya menguras uang milik Pemkab Purbalingga hingga Rp 1,6 miliar untuk memperkaya diri mereka,” katanya.

 

Diketahui, Pemkab Purbalingga juga tengah melakukan proses pembubaran PD Purbalingga Ventura karena terus merugi dan banyak kredit yang bermasalah. Perda tentang pembubaran sudah disetujui DPRD Purbalingga. Pemkab juga akan membentuk tim likuidasi untuk menghimpun aset yang masih di nasabah setelah raperda itu ditetapkan menjadi perda. (Cr3)