Tebing longsor Melanda Tanjungmuli

Satu Rumah Warga Rusak

PURBALINGGA, SATELITPOST – Bencana Longsor kembali terjadi di wilayah Kabupaten Purbalingga. Tebing setinggi 15 meter dengan lebar 10 meter longsor, Rabu (11/10) petang. Akhibatnya, dinding rumah milik Rosikun (32) warga RT 4 RW 10 Dusun Rata Salam Desa Tanjungmuli, Karangmoncol jebol.

Meskipun seluruh anggota keluarga saat itu berada di dalam rumah. Beruntung, tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Hanya saja, kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 15 juta rupiah. Informasi yang dihimpun SatelitPost, sebelum peristiwa longsornya tebing, hujun deras turun di wilayah desa tersebut. Saat itu, Rosikun beserta empat anggota keluarga yang berada di dalam rumah mendengar suara gemuruh, dari bagian belakang.

Setelah dicek, ternyata dinding rumah abgian belakng sudah jebol. “Tebing di belakang rumah longsor hingga mengenai tembok rumah dan jebol.Alhamdulillah kami selamat, saat itu ada ada yang dikamar dan ada yang di ruang tengah,” kata Rosikun, kemarin.

Paska jebolnya tembok rumah bagian belakang, keluarga Rosikun untuk sementara waktu tinggal di tempat saudaranya.  Sementara sore hingga malam, warga setempat bergotong-royong untuk membersihkan material longor, terutama yang berada di dalam rumah. Sementara itu, Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga, Muhsoni mengatakan, longsor tersebut akibat tebing dengan tinggi 15 m dan lebar 10 m di belakang rumah korban gembur setelah tersiram hujan dalam waktu yang cukup lama.

“Tadi (kemarin) kami sudah melakukan asesmen untuk penanganan terhadap korban. Untuk sementara korban diungsikan di rumah saudaranya yang aman dari ancaman longsor. Warga juga sudah kerja bakti membersihkan material longsor,” katanya. ([email protected])

Komentar

komentar