WARGA memanfaatkan pemeriksaan kesehatan gratis dalam program Road Show Bakti Sosial Pengobatan Massal Gratis RSUD Margono, Senin (4/12)SATELITPOST/AMIN WAHYUDI

PADAMARA,SATELITPOST-Desa Bojanegara, Kecamatan Padamara agaknya harus mendapatkan perhatian lebih dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Sebab, desa tersebut menghadapi beberapa masalah di aspek kesehatan.

Selain menghadapi puluhan kasus demam berdarah, warga desa tersebut juga banyak yang mengalami gangguan kejiwaan.  Hal ini diakui Kepada Desa Bojanegara Widi Suhartanto ST.

“Berdasar laporan bidan desa, setidaknya ada 14 orang yang mengalami gangguan jiwa di tahun ini” kata Hadi, Senin (5/12).

Menurutnya jumlah tersebut tergolong banyak. Hal tersebut menjadi persoalan yang harus ditanggapi oleh pemdes. Selama ini, pihak pemes sudah melakukan upaya pengobatan. Termasuk membawa warganya ke rumah sakit jiwa. Hanya saja, dalam praktiknya, upaya ini menghadapi banyak kendala.

“Itu kami respons, ada yang kami bawa ke Magelang, tetapi ada juga hambatannya. Ada yang tidak diizinkan oleh keluarganya, ya memang tidak mengganggu atau berulah, tapi mereka tetap perlu mendapat perhatian pemerintah,” ujarnya.

Selain persoalan gangguan jiwa, masalah kesehatan lainnya di Bojanegara adalah persebaran demam berdarah. Diketahui, wilayah kecamatan Padamara merupakan satu dari sekian daerah di Purbalingga yang endemik DBD.

“Di wilayah perumahan yaitu RW 4, yang jadi permasalahan adalah drainase yang tidak lancar. Itu jadi penyebab banyaknya DBD. Kita lakukan perbaikan drainase di RW 4, tahun ini lakukan perbaikan drainase di wilayah yang khusus kompleks yang rawan DBD, sepeti RW 4,” katanya.(min)

Komentar

komentar

BAGIKAN