SATELITPOST/ANANG FIRMANSYAH CALON kepala desa yang akan mengikuti pilkades mengurus persyaratan di Bagian Tata Pemerintahan dan Kerjasama Setda Pemkab Banyumas, Selasa (11/6/19).
SATELITPOST/ANANG FIRMANSYAH CALON kepala desa yang akan mengikuti pilkades mengurus persyaratan di Bagian Tata Pemerintahan dan Kerjasama Setda Pemkab Banyumas, Selasa (11/6).

PURWOKERTO, SATELITPOST-Sebanyak 400 lebih bakal calon kepala desa (kades) mengurus surat keterangan belum menjabat sebanyak tiga kali sebagai kades ke Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Banyumas, Selasa (11/6). Surat keterangan tersebut menjadi satu berkas wajib baik bagi calon petahana maupun calon kades yang belum pernah menjabat.

“Satu persyaratan dalam perda dan perbup tentang pilkades adalah surat keterangan belum pernah menjabat sebagai kepala desa dalam kurun waktu tiga kali masa jabatan yang dikeluarkan oleh pemda,” kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kerja Sama Sekretariat Daerah Banyumas, Joko Setiono.

Dengan adanya aturan itu, kata dia, dalam beberapa hari terakhir kantornya memang didatangi para calon kades, baik itu perorangan maupun secara kolektif yang diurus oleh panitia pelaksana pemilihan (pansel) kepala desa. Dari catatan terakhir, lanjutnya, sudah ada 400 lebih bakal calon kades yang mengurus ke Setda Banyumas.

Ia mengatakan, batas akhir memenuhi persyaratan menjadi Calon Kades setiap desa berbeda beda. Sebab kebijakan tersebut diserahkan kepada Pansel Pilkades, dengan batas akhir ketentuan sudah selesai tujuh hari sebelum pencoblosan. Selain itu juga harus memenuhi jangka waktu yang ditentukan.

“Yang penting terpenuhi jangka waktunya. Bakal calon sembilan hari kerja, barangkali ada calon yang kurang syarat 5 hari kerja. Intinya 14 hari kerja untuk jangka waktu menyelesaikan pendaftaran,” kata dia.

Bakal Calon Kades dari Desa Kamulyan, Kecamatan Tambak, Khusein mengatakan, dia yang pernah menjabat memang diharuskan untuk mengurus surat keterangan tersebut. “Untuk desa saya, hari ini batas akhir pengumpulan berkas, sehingga saya datang ke sini untuk melengkapi persyaratan tersebut,” katanya. (anas@satelitpost.com)