PETUGAS GABUNGAN menerbitkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpasang dalam masa tenang Pemilu 2019 di jalan Jendral Sudirman Purwokerto,Minggu (14/4).
PETUGAS GABUNGAN menerbitkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpasang dalam masa tenang Pemilu 2019 di jalan Jendral Sudirman Purwokerto,Minggu (14/4).

PURWOKERTO, SATELITPOST-Ribuan personel gabungan dari Bawaslu, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyumas mulai menertibkan alat peraga kampanye (APK) peserta Pemilu 2019 begitu memasuki masa tenang, Minggu (14/4).

“Masa tenang dimulai hari ini, semua APK kami tertibkan. Tidak hanya dilakukan Bawaslu beserta jajarannya, tetapi juga personel dai Satpol PP dan Dishub yang juga menyediakan bantuan berupa mobil crane,” kata Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Banyumas, Saleh Darmawan.

Proses penertiban ini mulai dilakukan sejak Minggu pagi sekitar pukul 07.00 WIB secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas. Untuk mempercepat proses, kata Saleh, Bawaslu membagi personel menjadi 4 tim.

“Untuk personel dari Bawaslu Banyumas beserta jajarannya total ada 5.534 orang, Satpol PP 91 personel, dan Dishub ada 11 personel, serta tiga mobil crane. Secara keseluruhan ada 5.636 orang yang ikut menertibkan,” katanya.

Untuk tim pertama, kata dia, bertugas menertibkan APK di Terminal Bulupitu Purwokerto dan Pasar Wage. Tim ini menyasar khusus untuk APK berjenis stiker branding mobil, baik itu yang ada di mobil angkutan umum maupun mobil pribadi,” katanya.

Sedangkan untuk tim 2 menyasar daerah Baturraden, Sumbang, dan wilayah Kota Purwokerto diperbantukan dengan mobil crane dari Dishub. Ini dimaksudkan untuk bisa menjangkau APK yang berukuran besar dan tinggi dari permukaan tanah seperti billboard.

Sementara untuk tim 3, diarahkan ke Banyumas bagian barat seperti Karanglewas, Cilongok dan daerah lainnya. Sedangkan untuk tim 4 menertibkan APK yang berada di wilayah Banyumas selatan seperti ke Sokaraja, Banyumas, Tambak, Kalibagor, Kemranjen, dan Sumpiuh. “Untuk APK lainnya, diserahkan ke masing-masing Panwascam, panitia pengawas desa, dan dibantu Pengawas TPS serta tiga personel satpol PP,” katanya.

Dengan mengerahkan ribuan petugas penertiban, ia berharap ruas-ruas jalan yang ada di Banyumas bersih dari APK dan selesai dalam satu hari itu. “Jika nantinya masih menyisakan APK yang belum sempat ditertibkan maka akan dilanjutkan di hari kedua masa tenang (hari ini, red),” katanya. (anas@satelitpost.com)