BANYUMAS, SATELITPOST-Bertempat di Rumah Sakit TNI (RST) Wijaya Kusuma Purwokerto, sebanyak 15 calon pasien jalani screening kesehatan, Senin (25/11). Mereka akan melakukan operasi bibir sumbing.

Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra SE MIPol melalui Pasiter Kapten Inf P Putut Widodo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Juang TNI – Angkatan Darat tahun 2019. “Kegiatan ini bentuk kepedulian terhadap masalah kemanusiaan, khususnya kepada saudara-saudara kita yang saat ini masih membutuhkan uluran tangan kita di bidang kesehatan,” kata Pasiter seperti dikutip dari rilis yang diterima SatelitPost.

Bagi seorang prajurit, sikap bersdia menolong, membantu, dan meringankan beban orang lain merupakan perwujudan nilai-nilai delapan wajib TNI. Prajurit,, katanya, harus menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. “Kegiatan ini juga sebagai wujud tanggung jawab dan pencerminan kita dalam mengamalkan nilai-nilai kemanusiaan yang memang menjadi tuntutan bagi prajurit di manapun berada dan bertugas,” ujar Pasiter.

Sebagai prajurit Sapta Marga, lanjut Pasiter, akan terpanggil unutk membantu dan peduli terhadap permasalahan kemanusiaan yang sekaligus merupakan bagian dari perjuangan serta komitmen sebagai prajurit pejuang dan pejuang prajurit. “Jadikan momentum ini sebagai upaya menumbuhkembangkan empati bagi prajurit TNI dan komponen bangsa sekaligus guna menjalin rasa kebersamaan serta kepedulian antara TNI dengan Rakyat,” kata Kapten Putut.

Adapun calon pasien bibir sumbing berasal dari Kodim 0701/Banyuams ada 8 orang, Kodim 0703/Cilacap ada 1 orang, Kodim 0702/Purbalingga ada 5 orang, Kodim 0704/Banjarnegara ada 2 orang, dan Kodim 0713/Brebes ada 1 orang. (lil)