KENDARAN Bus Rapid Transit dengan gambar objek wisata Baturaden saat melintas di Jalan Jendral Sudirman Purwokerto,Rabu (9/10).

 

 

PURWOKERTO, SATELITPOST – Pemerintah Kabupaten Banyumas mengusulkan pengadaan bus pariwisata. Moda transportasi wisata ini diharapkan dapat melayani kebutuhan pengunjung yang berlibur ke wilayah tersebut. “Ini sedang diminta untuk diusulkan ke Kemenhub. Akan segera diajukan,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Banyumas, Saptono Supriyanto, kemarin.

 

Rencananya, lanjut Saptono, armada bus yang diusulkan berjumlah dua buah. Bus tersebut akan melayani wisatawan khusus dengan trayek city tour. Adapun pilihan jalur city tour yang disiapkan di antaranya mengunjung dua buah Taman Kota di Purwokerto, Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman, Pendapa Kabupaten Banyumas, serta kawasan wisata Baturraden.

 

“Operasional harian kemungkinan digunakan untuk wisata edukasi buat anak-anak sekolah yang ingin berkunjung ke objek-objek wisata di sekitar Kota Purwokerto,” ujarnya.

 

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Asis Kusumandani mengungkapkan untuk penggunaan armada bus kemungkinan akan bersinergi dengan Dishub Kabupaten Banyumas. “Nanti setelah bantuan itu turun kita serahkan ke pak Bupati, mau ditempatkan di Dishub atau di Dinporabudpar. Model busnya kita belum tau seperti apa,” kata Asis.

 

Untuk fungsional pengoprasian bus tersebut menurut Asis, lebih ditujukan untuk wisatawan rombongan dari luar kota. Sedangkan untuk penggunaan wisatawan lokal kemungkinan terbatas.

 

“Mungkin yang dari rombongan sekolah, tapi kalau yang wisatawan yang di dalam ini belum ada pembahasan lebih lanjut. Bisa jadi nanti kita akan bekerjasama dengan PT KAI, karena waktu itu kita sudah pernah ditawari. Karena di beberapa daerah sudah begitu. Kita kan punya objek wisata yang cukup banyak yang dikelola pemda. Intinya juga untuk memudahkan wisatawan agar dapat mendongkrak kunjunhan wisata ke Kabupaten Banyumas,” ungkapnya. (ank)