PURWOKERTO, SATELITPOST- Dosen Universitas Amikom Purwokerto, Andi Dwi Riyanto memberikan mentoring pertemuan ke empat kelas toko online bersama Banyumas Berdaya di Nata D’Bakso, Rabu (27/11). Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 35 pelaku UMKM di Kabupaten Banyumas.

Dosen Universitas Amikom Purwokerto yang juga merupakan fasilitator Google Gapura Digital memberikan materi terkait membuat artikel atau profile usaha yang powerfull atau memenuhi standar kebutuhan manusia dan mesin pencari Google.

Andi mengatakan, banyak pelaku UMKM yang belum mengetahui cara menulis profil atau artikel usahanya supaya mudah ditemukan di Google. Dalam kesempatan tersebut ia berbagi informasi bagaimana menulis sesuai standar kebutuhan mesin pencari tapi tetap enak dibaca orang.

“Karen manusia memiliki kebutuhan membaca tulisan yang baik dan mudah dibaca. Tapi mesin pencari seperti Google, memiliki kebutuhan tersendiri agar yang ditulis oleh pemilik produk dapat tersampaikan dengan baik ke pengguna melalui pencarian,” kata pria yang juga aktif sebagai praktisi digital marketing ini.

Menurutnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pelaku UMKM dalam menulis artikel atau profil usahanya. Di antaranya melalui beberapa tools dari Google yang bisa dimanfaatkan sebaik mungkin seperti google trend, dan lainnya.

“Pelaku UMKM bisa menggunakan kata-kata yang menjadi trending dalam mesin pencarian google, semuanya ada di beberapa tools google. Setelah itu tinggal merangkai artikel yang enak dibaca dengan kata-kata yang trending tersebut. Sehingga, saat ada yang melakukan pencarian dengan kata tersebut, usahanya secara otomatis akan muncul,” katanya.

Andi berharap, pelaku UMKM akan memanfaatkan tools dari Google yang bermanfaat tersebut. Sehingga, usahanya akan lebih mudah ditemukan di mesin pencarian. “Sebagai bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Amikom Purwokerto, kami berharap informasi ini bisa diterapkan para pelaku UMKM yang ingin go digital,” ujarnya. (alf)