Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr Haedar Nashir menyaksikan pelantikan Rektor UMP, Dr Anjar Nugroho, di Aula AK Anshori UMP, Sabtu (13/4) kemarin.

PURWOKERTO, SATELITPOST-Rektor terpilih Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Dr Anjar Nugroho resmi dilantik sebagai rektor periode 2019-2023 di Aula AK Anshori, Sabtu (13/4). Pelantikan dihadiri langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr Haedar Nashir, Bupati Banyumas yang diwakilkan oleh Ir Tjuntjun Sunarti Rochidi MSi, bupati di eks-karesidenan Banyumas yang mewakili, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Prof Dr DYP Sugiharto.

Hadir pula Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Dr Muh Syamsuddin, Forkopimda Kabupaten Banyumas, Ketua Badan Pembina Harian UMP Prof Dr Baedhowi, beserta seluruh anggota, Pimpinan Daerah Muhammadiyah beserta ortomnya, Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri, Swasta dan Muhammadiyah, para Wakil Rektor, Dekan, dan seluruh keluarga besar UMP serta seluruh tamu undangan.

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho dilantik sebagai rektor ke-7 UMP. Ia mengatakan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap UMP kini semakin hari semakin tinggi, dibuktikan dengan tren penerimaan mahasiswa baru yang setiap tahun meningkat.

“Jumlah total mahasiswa UMP hampir 13 ribu. Akreditasi institusi B, secara keseluruhan akreditasi prodi adalah B dan A. Berdasar Unirank, rangking UMP di level nasional adalah 40 dari total PTN/PTS se-Indonesia yang berjumlah sekitar 4.400,” kata dia.

Ia juga mengatakan untuk meningkatkan kualitas UMP diperlukan akselerasi, di antaranya, akselerasi akreditasi. Paling tidak dalam 4 tahun mendatang kata dia, prodi yang terakreditasi A (unggul) minimal berjumlah 50 persen. “Kami juga ingin mencapai akreditasi perguruan tinggi (APT) dengan nilai A,” katanya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah VI Jawa Tengah, Prof Dr DYP Sugiharto menyampaikan selamat pada Pimpinan Pusat yang hari ini telah menyelenggarakan pelantikan Rektor.

“Merupakan tahap yang menggembirakan dan menyejukkan karena sudah terpilih rektor yang baru Dr Anjar Nugroho. Selanjutnya secara khusus atas nama Kementerian Ristek Dikti mengucapkan terima kasih kepada Muhammadiyah. Karena dari 265 perguruan tinggi di Jawa Tengah, ada 9 perguruan tinggi negeri, dan 24 perguruan tinggi Muhammadiyah,” katanya.

Ketua PP Muhammadiyah, Dr KH Haedar Nashir mengatakan peran perguruan tinggi Muhammadiyah yang perlu menjadi perspektif setiap pimpinan mengembangkan kampus ini ada tiga fungsi strategis. Yakni, pertama menjadikan kampus ini dan perguruan tinggi Muhammadiyah pada umumnya sebagai Center of Excellence menjadi uswah hasanah, pusat keunggulan kampus di manapun,” ujarnya.

Menurutnya, perguruan tinggi Muhammadiyah juga akan ber-fastabiqul khairat di tengah perubahan zaman dan tantangan revolusi industri 4.0.  “Kampus-kampus kita harus punya standar keunggulan di atas rata-rata, baik itu keunggulan akademik, pengabdian pada masyarakat, bahkan juga Tri Dharma yang tepat untuk peran-peran kemanusiaan,” katanya. (alf)