ilustrasi

PURWOKERTO, SATELITPOST-Hasil perolehan Ujian Nasional SMP/MTs di Kabupaten Banyumas telah diumumkan. Kepala Dinas Kabupaten Banyumas, Irawati mengatakan ada sebanyak 110 peserta didik di Kabupaten Banyumas berhasil mendapatkan nilai sempurna 100.

Irawati mengatakan Matematika menjadi mata pelajaran paling favorit dibandingkan empat mata pelajaran lainnya. Sebab, ada banyak siswa yang mendapatkan nilai 100 pada mata pelajaran yang kerap kali dianggap sulit tersebut.

“Dari 110 siswa, 104 siswa di antaranya mendapatkan nilai sempurna pada mata pelajaran Matematika. Dengan perolehan terbanyak dari SMP Al Irsyad ada 40 anak,” kata dia. Selain Matematika, Bahasa Inggris kata dia juga cukup favorit. Karena asa tiga siswa yang mampu meraih nilai sempurna.

Ia mengatakan, secara akumulatif, rata-rata nilai ujian nasional tahun 2019 ini, Kabupaten Banyumas menduduki peringkat ke-14 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. “Semoga ke depan bisa masuk ke 10 besar. Tentunya dengan meningkatkan profesionalitas dan kompetensi guru,” katanya.

Menurutnya, capaian tersebut memang harus terus ditingkatkan. Sebab, meskipun nilai ujian nasional tidak mempengaruhi kelulusan. Tapi akan bermanfaat karena digunakan siswa dalam memilih jurusan di sekolah selanjutnya. (alf)