AJIBARANG, SATELITPOST-Warga Desa Ajibarang Wetan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas Selasa (3/12) digegerkan dengan munculnya seekor ular piton raksasa. Ular tersebut ditemukan kolam milik Darsono (48) di pekarangan warga usai memangsa unggas yang ada di sekitar kolam ikan.

“Awalnya warga curiga buangan air kolam ikan tersumbat, warga menggali dan ternyata mendapati seperti kain yang menutup buangan air. Setelah didekati, ternyata ular. Ular tersebut ditangkap bersama warga dan dimasukkan ke dalam sebuah karung dan dibawa ke kampung,” kata Endit, warga sekitar yang ikut menangkap ular tersebut, Rabu (4/12).

Ular tersebut setelah tertangkap dipegang beramai-ramai kemudian diukur. Ular temuan itu memiliki panjang hingga 4 meter dan berat mencapai 25 kilogram. Ular itu masih dipelihara di rumah warga dan menjadi tontonan.

Penemuan ular piton ini pun menjadi tontonan warga. Endit sebagai penemu ular juga meletakkan sebuah tempat penerimaan sumbangan dari warga untuk membeli pakan ular.

Warga desa setempat, Misem (48) menginginkan ular tersebut jangan dijual. Dia berpendapat, kalau bisa ular itu dijaga, dibuatkan kandang, dan bisa menjadi hiburan bagi masyarakat terutama anak-anak.

“Iyalah, eman-eman kalau ular ini sampai dijual. Karena bisa untuk tontonan warga sekitar, yang penting jangan sampai lepas lagi karena bisa membahayakan ternak dan juga warga,” ujarnya. (ank)