PURWOKERTO, SATELITPOST-Prosesi pedang pora pergantian Kapolresta Banyumas hujan tangis, Rabu (4/12). AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK digantikan AKBP Wisnu Charaka SIK. Di sisi lain diketahui, Polres Banyumas ditingkatkan levelnya oleh Kementerian PAN dan RB menjadi Polresta Banyumas.

Prosesi pedang pora dihadiri seluruh pejabat Polresta Banyumas hingga bintara serta anggota TNI yang ada di Kabupaten Banyumas. Prosesi pisah sambut Kapolresta lama digantikan Kapolresta baru, cukup menguras emosi anggota Polresta Banyumas.

Beberapa anggota terlihat menangis saat, ketika AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK meninggakan kantor. Tidak hanya para anggotanya saja yang meneteskan air mata. AKBP Bambang Yudhantara Salamun juga sempat terlihat meneteskan air mata saat memberikan pidato terakhir di hadapan anggotanya. “Selama kepemimpinan saya dua tahun dua bulan jika ada salah saya mohon maaf. Terima kasih kerja kerasnya selama dua tahun dua bulan ini,” kata dia.

AKBP Bambang Yudhantara Salamun yang ditugaskan sebagai Kapolres Pati, juga berpesan kepada mantan anggotanya agar jangan merasa puas dengan hasil yang dicapai dan terus menjalankan tugas dengan baik. “Jangan pernah merasa setelah kita berbuat menjadi hebat. Kita terapkan selama dua tahun dua bulan ini jangan ditinggalkan terutama dalam bidang keagamaan, salat lima waktu,” ujarnya.

Setelah menjalani prosesi pedang pora, AKBP Bambang kemudian pergi dengan menaiki jeep diarak menuju rumah dinas. Di rumah dinas secara resmi AKBP Bambang menyerahkan kunci kepada Kapolresta yang baru AKBP Wisnu hingga kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah.

Kapolresta Banyumas, AKBP Wisnu Charaka SIK juga mengungkapkan, dirinya telah mendengar kepemimpinan AKBP Bambang di Kabupaten Banyumas. Dengan sangat baik sehingga pihaknya akan berusaha meneruskan dan memperbaiki apa yang kurang dari kepemimpinan AKBP Bambang.

“Perpindahan ini tanpa cacat tanpa celah, talenta saya akui bagus, terlebih didukung pondasi yang bagus. Apabila pondasi tidak bagus rumah tidak akan berdiri kokoh. Bapak Kapolresta (AKBP Bambang, red) merupakan arsitek yang bagus,” kata dia.

Dalam kesempatan pertamanya berpidato sebagai Kapolresta, AKBP Wisnu juga meminta anggotanya akan bekerja lebih keras dan meningkat lagi menimbang sekarang grade Polres Banyumas telah naik setingkat menjadi Polresta Banyumas. “Saya minta kepada rekan-rekan bekerja kepada sistem, sistem yang ada dia tidak akan mati, pindah mundur, berubah, kecuali sistem itu diubah,” ujarnya. (san)