PURWOKERTO, SATELITPOST-Presiden RI, Joko Widodo, direncanakan akan menghadiri puncak perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 yang akan dipusatkan di Banyumas sebagai tuan rumah pada 12 Juli mendatang. Hal ini dikemukakan pada rapat koordinasi persiapan acara di Graha Satria Purwokerto, (21/5).

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang), Peni Rahayu mengatakan Banyumas dipilih menjadi tuan rumah karena Kota Purwokerto mengingatkan kembali pada sejarah koperasi. Seperti diketahui, Purwokerto merupakan tempat kelahiran koperasi pertama di Indonesia yang diinisiasi seorang patih bernama Raden Wiryaatmaja. “Di kota inilah pertama kali model ekonomi kerakyatan (koperasi) diperkenalkan di Indonesia tahun 1896,” katanya.

Selain Kehadiran Presiden, kata dia, Harkopnas 2019 juga akan dihadiri sekitar 10 ribu pegiat dan pejuang koperasi dari seluruh penjuru tanah air, termasuk delegasi dari sembilan negara sahabat.

“Harkopnas juga diisi dengan ziarah kemakam Aria Wiraatmadja. Beliau merupakan pencetus koperasi Indonesia asal Purwokerto yang mendirikan bank simpan pinjam pada tahun 1896,” katanya.

Selain berziarah ke makam Aria Wiraatmadja di Purwokerto, Ziarah juga di lakukan ke makam tokoh pendiri koperasi Indonesia yaitu Bung Hatta di Pemakaman Tanah Kusir Jakarta pada tanggal 8 Juli 2019. Serta renungan suci di Tugu Koperasi Tasikmalaya, Jawa Barat Jumat 12 Juli 2019.

Ia menambahkan di Banyumas dan Purwokerto nantinya akan ada beberapa kegiatan seperti di antaranya Jamober Koperasi yang akan digelar 10-12 Juli di Bumi Perkemahan Baturraden, Harkopnas Expo 11-14 Juli di GOR Satria Purwokerto, Sarasehan, Grebeg Koperasi dan puncak peringatan hari koperasi Jumat sore 12 Juli 2019 di GOR Satria Purwokerto.

“Satu hal yang menjadi catatan penting, terbangun semangat luar biasa untuk menyukseskan pegelaran ini, bukan sekedar ceremony, tetapi kaya substansi serta mendatangkan multi efek bagi gerakan koperasi di Indonesia, Jawa Tengah dan juga Banyumas tentunya,” katanya. (nns)