Komisioner KPU Dilantik Hari Ini

logo satelitpost

PURWOKERTO, SATELITPOST-Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas periode 2018-2023 akan dilantik pada Rabu (7/11/2018) di Hotel Borobudur, Jakarta. Keputusan ini berdasarkan pengumuman Nomor 1372/PP.06-PU/05/KPU/XI/2018 tertanggal 5 November 2018.

“KPU Banyumas telah menerima undangan pelantikan yang akan digelar besok (hari ini, red) di Jakarta,” kata Sekretaris KPU Banyumas, Hirawan Danan Putra.

Dari kelima nama tersebut, ada dua incumbent yakni Imam Arif Setiadi dan Suharso Agung Basuki yang sebelumnya juga menjabat komisioner KPU Banyumas  periode 2013-2018. Tiga lainnya di antaranya Hanan Wiyoko, Yasum Surya Mentari, dan Khasis Munandar.

Menurutnya, pelantikan ini tidak hanya untuk komisioner KPU Kabupaten Banyumas, tetapi juga untuk tujuh kabupaten lainnya yang masih tersisa di Jawa Tengah seperti Kabupaten Pati, Demak, Semarang, Kendal, Grobogan, Kota Salatiga, dan Kota Semarang.

Untuk agenda terdekat, kata dia, komisioner ini akan langsung mengemban tugas untuk melanjutkan tahapan Pemilu 2019. “Untuk agenda terdekat, tangga 11 akan ada sinkronisasi kemudian dilanjut rapat pleno daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) dua sehari setelahnya,” katanya.

Secara administrasi, kata dia, dalam rapat pleno tersebut memang membutuhkan ketetapan yang dikeluarkan komisioner. Tidak hanya itu, lanjutnya, dalam penyeraha fasilitasi alat peraga kampanye (APK) dan proses lelang juga akan membutuhkan SK dari komisioner.

Seperti diberitakan sebelumnya, pelantikan komisioner untuk KPU Banyumas ini tertunda dari yang seharusnya pada 24 Oktober lalu. “Dengan sudah diumumkannya ini, semoga kerja KPU akan lebih lancar untuk mengerjakan tahapan Pemilu 2019,” katanya. (nns)