PURWOKERTO, SATELITPOST-Kegiatan Banyumas Bersholawat kembali digelar Pemerintah Kabupaten Banyumas. Malam ini, Selasa (3/12) pukul 19.30 WIB, Banyumas Bersholawat akan dihelat di GOR Satria Purwokerto dan kembali menghadirkan Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf dari Solo.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Banyumas Joko Wiyono yang ditemui di ruang kerjanya menuturkan, hampir setiap tahun pemkab mengundang Habib Syech dalam rangka Hari Jadi Banyumas. Tahun ini, dikarenakan padatnya jadwal Habib Syech, Banyumas baru mendapatkannya di Desember.

“Sejak tahun 2014 Habib Syech selalu diundang di Banyumas, tahun 2014 digelar di Alun-alun Purwokerto, tahun 2015 dilaksanakan di Lapangan Ajibarang, Tahun 2016 di Lapangan Kusuma Sumpiuh, untuk tahun 2017 di Lapangan Tambaksari Kidul Kecamatan Kembaran, tahun 2018 dan 2019 dilaksanakan di GOR Satria,” kata dia.

Joko Wiyono mengungkapkan, mendapatkan jadwal dibulan Desember juga dinilai mempunyai keuntungan bagi pemkab dan masyarakat, karena keramaian tidak menumpuk, pada Februari (saat HUT Banyumas, red) saja. “Hal ini bermanfaat untuk pemerataan keramian sepanjang tahun,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pelaksanaan Banyumas Bersholawat diharapkan bisa menjadi momentum untuk menutup akhir tahun dengan suasana yang religius. “Kehadiran Habib Syech bisa memberikan pencerahan dan siraman religius kepada masyarakat Banyumas sehingga akhir tahun ini bisa ditutup degan suasana yang damai,” ujarnya.

Sholawatan dan pengajian umum bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, rencananya akan dihadiri Bupati Banyumas Ir Achmad Husein bersama Forkopimda, kepala SKPD juga undangan lain serta syecher mania dai berbagai kota. “Pemilihan GOR Satria kerena dinilai tempat paling strategis, berada ditengah Kabupaten Banyumas, tempatnya juga luas sehingga para jamaah lebih nyaman dan leluasa,” katanya. (tha)