PURWOKERTO, SATELITPOST-Agus Priyono dijatuhi hukuman selama 16 bulan penjara setelah terbukti melanggar Pasal 374 jo Pasal 64 ayat (1) KUHP tentang penggelapan dalam jabatan yang dilakukan secara berlanjut di Pengadilan Negeri (PN) Purwokerto. Sidang dipimpin Hakim Ketua Dia Anggraini.

Kasus yang menjerat Agus bermula pada hari Senin (21/1), di PD Buana Jalan S Parman No 81 Kelurahan Purwokerto Kulon, Kecamatan Purwokerto Selatan ketika perusahaannya mengetahui ia yang menjabat sebagai karyawan bagian sales marketing membuat faktur penjualan secara kredit ke toko yang tidak memesan tetapi barang yang tercantum dalam faktur dijual secara tunai dan uangnya digunakan untuk kepentingan pribadi.

Atas temuan itu, Agus pun dilaporkan kepada kepolisian untuk mempertanggungjawabkan perbuataannya. Dalam pemeriksaan tersebut Agus terbukti melakukan pebuatan penggelapan dengan faktur palsu secara berlanjut mulai tahun 2017 hingga 2019 sebanyak 88 faktur. Perusahaan mengalami kerugian jutaan rupiah akibat ulah terpidana.

Dari perbuatan itu terpidana pun dijebloskan ke penjara dan dijatuhi hukuman penjara selama 16 bulan. Atas putusan ini, baik terdakwa maupun Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto, Sukirno SH MH, yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan hukuman pejara selama dua tahun mengaku menerima putusan tersebut.(san)