PURWOKERTO, SATELITPOST-Bagi pemohon pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru atau perpanjangan SIM diharapkan bersabar, karena hingga Kamis (13/6/2019) material SIM di Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas) Polres Banyumas habis.

Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIk melalui Kasat Lantas Polres Banyumas, AKP Himawan Aji Angga mengatakan, kekosongan terjadi sejak beberapa hari lalu. “Ini satu Jawa Tengah, kekosongan terjadi karena adanya peningkatan pemohon SIM, terutama pascalibur Lebaran,” ujar dia.

Meski tidak adanya material SIM, proses pembuatan SIM di Satpas berjalan seperti biasanya. Petugas Polres memberikan surat sebagai pengganti material SIM kepada pemohon yang lulus ujian pembuatan SIM. “Kami siasati dengan surat keterangan pengganti kepemilikan SIM. Surat ini berlaku diseluruh daerah, jadi tidak akan ditilang saat ada razia petugas,” kata dia.

Hingga saat ini pihaknya tidak tahu kapan material SIM datang. Namun, AKP Himawan memastikan tidak akan membutuhkan waktu lama untuk ketersediaan material tersebut. “Kami mendapatkan material tersebut dari Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Tengah dapat dari Korlantas Polri. Hingga saat ini dari Polda belum ada kabar kapan material tersedia. Kami usahakan minggu depan sudah ada. Jika sudah ada akan kami segera proses cetak SIM yang mendapatkan surat keterangan terlebih dahulu,” ujarnya.

Menurut keterangan Ardian, warga Kelurahan Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara dirinya memiliki rencana  untuk memperpanjang SIM. Namun, ketika datang ke kantor Satpas Sat Lantas Polres Banyumas, ia kembali pulang karena beberapa orang mengatakan kepadanya material SIM sedang kosong. “Untung saja masa berlaku SIM saya masih 11 harian. Semoga dalam waktu dekat ini material SIM sudah ada,” kata dia.(san)