Siswa SMK Mutu Purwokerto mengikuti UKK berbasis android untuk memudahkan siswa dan efisiensi waktu dan anggaran, beberapa waktu lalu.

PURWOKERTO, SATELITPOST-SMK Muhammadiyah Satu (Mutu) Purwokerto menggelar ujian kenaikan kelas (UKK) dengan cara berbeda dari ujian sebelumnya. Jika sebelumnya UKK masih menggunakan kertas, kali ini SMK Mutu Purwokerto melaksanakan UKK berbasis android (ABT).

Humas SMK Mutu Purwokerto, Sujito Sugeng Sutrisno SPd, mengatakan, pelaksanaan UKK berbasis android ini yang pertama. Meskipun untuk mengikuti UKk berbasis android ini mewajibkan siswa memiliki perangkan smartphone, tapi hal ini tidak menjadi kendala.

Sebab, pihaknya telah mengantisipasi untuk siswa yang belum memiliki android bisa mengikuti ujian berbasis komputer (CBT). “Sebelumnya kami mendata siswa-siswa yang memiliki android dan tidak. Dan kami siapkan laboratorium komputer khusus untuk siswa yang tidak memiliki android supaya UKK dapat berjalan lancar,” kata dia.

Dalam pelaksanaannya, tidak ada kendala berarti. Dalam setiap kelas ada 20 peserta UKK. Jumlah tersebut merupakan jumlah ideal supaya UKK dapat berjalan lancar. Dengan UKK berbasis android juga lebih efisiens, baik waktu maupun kertas. “Siswa juga tidak bisa tengok kana dan kiri, tidak bisa saling mencontek. Dan untuk koreksi juga lebih hemat waktu karena begitu selesai ujian hasil nilainya bisa langsung diketahui,” katanya.

Tim IT SMK Mutu Purwokerto, Teguh Wahyudi, mengatakan dalam UKK berbasis android semua perangkat samrtphone siswa tidak berfungsi untuk saling bertukar pesan atau untuk mengakses internet. “Di saat ujian, androidnya hanya berfungsi untuk mengerjakan soalnya saja. Siswa tidak bisa saling betukar pesan dan tidak bisa akses internet. Karena semua data harus dinonaktifkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMK Mutu Purwokerto, Agus Suyono SPd mengatakan pelaksanaan UKK berbasis Android merupakan satu hasil dari UNBK yang sudah dapat dilaksanakan setiap sekolah. “ABT di SMK Mutu Purwokerto selangkah lebih maju. Dan melalui ABT ini juga justru lebih efektif dan efisien. Karena ini memang sudah eranya, di mana ke depan semua hal bisa dilakukan dengan aplikasi di android yang akan menjadi kebutuhan,” katanya. (alf)