PETUGAS melakukan perbaikan pada Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di jalan Jenderal Sudirman Purwokerto, belum lama ini.

PURWOKERTO, SATELITPOST-Pemkab Banyumas melalui Dinas Perhubungan merencanakan pemasangan 800 titik lampu di 30 lokasi di seluruh wilayah di Kabupaten Banyumas. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Agus Nurhadie mengatakan, tahun depan ada sekitar 800 titik yang dianggarkan.

“Tahun depan sekitar 800 titik. Tuntutan dari masyarakat maupun ada instruksi, kita harus berdasarkan asas prioritas,” katanya.

Pihaknya menambahkan, LPJU saat ini menggunakan lampu LED. “Kita sekarang LED semua, yang lampu lama untuk beli suku cadang juga pabrikan sudah ga produksi lagi,” katanya.

Sementara itu, beberapa titik di Banyumas menggunakan tenaga surya, yaitu sumbangan dari Kemenhub dan Kementrian SDM. “Ditujukan untuk daerah yang belum ada jaringan listriknya,” ujarnya.

Namun, Pemda Banyumas belum akan menganggarkan untuk pembelian paket LPJU tenaga surya. “Tenaga surya kita masih belum mampu, karena itu lebih mahal, pemeliharaannya juga mahal,” katanya.

Tahun depan, lanjutnya, anggaran LPjU disiapkan sekitar Rp 2 miliar. Beberapa ditempatkan pada jalur evakuasi. “Seperti Kotayasa, Sumbang, Banteran,” katanya. (ank)