Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIk mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat lantaran Pemilu dan Pelantikan Presiden berlangsung damai.

PURWOKERTO, SATELITPOST-Setelah dilantiknya Presiden Republik Indonesia (RI), Ir H Joko Widodo dan Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, Polres Banyumas menggelar doa dan tasyakuran bersama dengan sejumlah jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta sejumlah elemen masyarakat. Agenda ini digelar usai upacara Hari Santri Nasional di Masjid Agung Baitussalam Purwokerto, Selasa (22/10/2019).

Doa bersama tersebut dihadiri tokoh-tokoh Banyumas dari bermacam latar belakang. Sebut saja, Ir H Ahmad Husein (Bupati Banyumas), Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIk, Letkol Ckm drg Teguh Tri Widodo Sp Pros MKes (Dandenkesyah 04.04.01 Purwokerto), Mayor Inf Eko Novianto (Beslar Kasdim 0701/Banyumas), Kompol Davis Busin Siswara SIK (Waka Polres Banyumas), Drs H Imam Hidayat MPdI (Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas), KH Sabar Munanto SAg MPdI (Ketua PCNU Banyumas),  KH Drs Mughni Labib MSI (Ketua Rois Suriah PCNU Kabupaten Banyumas), KH Taefur Arafat, KH Zaenurrohman, Drs Woro Sulistyono (anggota DPRD Banyumas Fraksi PKB), Supangkat SH MH (Wakil Ketua DPRD Banyumas).

Dalam sambutannya Bupati Banyumas, Ir H Achmad Husein mengatakan, ia sengaja menghadiri agenda kemarin dalam rangka berdoa dan bersyukur atas pelantikan presiden yang berlangsung lancar. “Pelantikan itu tidak serta merta bisa terlaksana melainkan karena kerja keras kita dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu 2019 dapat berjalan dengan baik,” kata dia.

Dengan adanya doa tersebut, Bupati berharap Presiden bisa memimpin negeri ini dengan baik sehingga masyarakat bisa lebih sejahtera. “Kami atas nama Bupati Banyumas mengucapkan teriamkasih kepada KPU yang telah menyelenggarakan Pemilu dengan baik. Begitu juga kepada jajaran Kepolisian dan TNI sehingga pelaksanaan pemilu berjalan aman dant tertib. Terimakasih juga kepada Kementerian Agama, para kiai dan jajaran legislatif DPRD Kabupaten Banyumas,” ujarnya.

Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyumas, KH Sabar Munanto SAg MPdi juga menyampaikan rasa terimakasihnya dengan Polres Banyumas. “Kami mengucapkan kepada pemerintah dalam hal ini TNI-Polri yang telah menjaga keamanan selama Pemilu. Kepada masyarakat yang ikut menjaga kondusifitas selama pemilu 2019. Kita harus menjunjung tinggi serta menghormati peraturan yang ada di negeri ini, mulai dari UUD sampai dengan turunannya,” kata dia.

Sementara itu Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIk juga menyampaikan rasa bersyukur karena Pemilu 2019 lalu berjalan aman dan lancar. Termasuk pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 yang telah berjalan dengan aman tanpa ada permasalahan sedikitpun.

“Saya selaku Kapolres Banyumas mengucapkan terima kasih atas kerja sama masyarakat Banyumas selama pelaksanaan Pemilu 2019, kami TNI Polri merasa terbantu sekali, dan untuk ke depan jangan biarkan kami bekerja sendiri, melainkan tetap dibantu,” ujarnya.

Menurut Kapolres, rasa aman tidak serta merta terwujud dengan sendirinya, melainkan harus diciptakan secara bersama-sama sehingga Banyumas menjadi daerah yang aman dan kondusif. “Mari kita bersama-sama selalu menciptakan rasa aman di Kabupaten Banyumas khususnya,” kata dia.

Kegiatan doa bersama ini selain rasa bersyukur atas terselenaggaranya pemilu 2019 dan pelantikan presiden dan wakilnya, juga diharapkan nantinya dapat mencairkan suasana dan suhu politik sehingga tercipta situasi yang aman dan damai.(san)