HEAD of Sales Purwokerto XL Axiata, Eka Dwidasa Kornia menunjukkan menjalankan perangkat dengan jaringan super cepat XL Axiata di SMAN 1 Rawalo sesaat setelah memberikan donasi kuota di sekolah setempat, Rabu (5/12).SATELITPOST/ALFIATIN

PURWOKERTO, SATELITPOST-  PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus menyalurkan kuota internet cepat yang terkumpul melalui program “Gerakan Donasi Kuota” (GDK) ke sekolah-sekolah yang membutuhkan. Setelah sebelumnya XL Axiata memulai penyaluran donasi di beberapa area di Indonesia, penyaluran  juga dilakukan di area Purwokerto, tepatnya SMA Negeri 1 Rawalo, Rabu (5/12). Donasi kuota tersebut diberikan sebanyak 240 GB selama 12 bulan.

Head of Sales Purwokerto XL Axiata, Eka Dwidasa Kornia mengatakan akhir 2018 ini pihaknya menyalurkan kepada 5 sekolah setingkat SMA/SMK di sekitar Purwokerto. Ia mengatakan, memilih sekolah tersebut karena kebutuhan sekolah dan lokasi akses internet cepat yang memungkinkan. “Kami berharap donasi ini dapat mempercepat penetrasi internet cepat di sekolah yang menerima. Sehingga dapat mendukung seluruh aktivitas belajar mengajar di sekolah tersebut,” katanya.

Program donasi ini kata dia melibatkan partisipasi pelanggan, yaitu dengan mendonasikan kuota paket data yang tidak terpakai secara langsung, atau dengan cara membeli paket XL Xtra Combo. Setiap kali ada pelanggan yang membeli paket XL Xtra Combo, maka pihak XL Axiata akan mengalokasikan sejumlah kuota untuk donasi ini. “Jadi, semakin banyak pelanggan yang membeli paket XL Xtra Combo, maka akan semakin banyak kuota yang bisa didonasikan. Dan setiap pembelian paket ini, kuota yang didonasikan tanpa memotong kuota pelanggan,” katanya.

Pada tahap selanjutnya, kata dia, penyaluran kuota donasi program GDK akan dilakukan di sejumlah daerah lain di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Pihaknya berharap melalui program ini XL Axiata mampu memfasilitasi sebagian besar sekolah yang berada di dalam area jangkauan layanan data 3G maupun 4G LTE.

Mekanisme penyaluran kuota donasi, kata dia akan dilakukan dengan menyertakan perangkat mobile broadband atau router XL Home. Sehingga bisa dibagikan secara simultan ‪ke 32 perangkat smartphone atau laptop yang digunakan para siswa dan pengajar. “Mekanisme ini sekaligus untuk memastikan donasi bisa dimanfaatkan secara efektif dan kolektif, selain juga penerapan sistem pengawasan yang tertuang dalam perjanjian antara XL Axiata dengan setiap sekolah penerima donasi. Penyaluran donasi ini juga disesuaikan dengan ketersediaan jaringan data internet cepat milik XL Axiata di berbagai daerah,” katanya. (alf)