BUPATI Banjarnegara, Budhi Sarwono (kanan ke kiri) bersama Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua Yayasan Asri Mandiri, Lasmi Indaryani menikmati kopi khas Banjarnegara.

AGUS Harimurti Yudhoyono atau lebih akrab dengan nama AHY hadir di Banjarnegara, kemarin. Kedatangan putra mantan presiden RI ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Banjarnegara. Di Banjarnegara, AHY disambut dengan berbagai sajian khas, antara lain, dhawet ayu, salak, dan mendoan raksasa.

Ketua panitia Ngopi Bareng AHY, Lasmi Indaryani mengatakan, kehadiran AHY merupakan satu kesempatan yang baik untuk mengangkat potensi Banjarnegara. Oleh karenanya, dalam acara tersebut sengaja ditampilkan berbagai potensi Banjarnegara. “Tidak hanya meracik kopi khas Banjarnegara, AHY juga ikut menggoreng mendoan raksasa Plat R yang merupakan khas Banjarnegara,” katanya.

Di hadapan ribuan masyarakat yang hadir dalam acara Ngopi Bareng AHY, putra mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ini mengaku kagum dengan Banjarnegara. Selain itu, semangat dan keramahan masyarakat Banjarnegara menjadi tambahan energi bagi dirinya untuk terus mengabdi bersama-sama untuk Indonesia yang semakin baik di masa mendatang.

“Banjarnegara ini luar biasa, dhawet ayu-nya khas, mendoanya juga luar biasa, kopinya sangat dahsyat. Kebetulan saya juga penggemar kopi, kopi Banjarnegara ini enak dan khas, semoga ke depan semakin dikenal lebih luas lagi,” ujarnya.

Dia juga mengakui perkembangan infrastruktur yang sedang digenjot oleh bupati Banjarnegara ini sangat luar biasa. Hal tersebut menjadi indikasi Banjarnegara semakin maju. Namun, dirinya berharap tidak hanya pada infrastruktur tetapi juga peningkatan kualitas SDM.

“Pariwisata semakin maju, ke depan harus lebih baik lagi. Dukungan infrastruktur dan SDM tentu akan dapat mendatangkan wisatawan lebih luas, tidak hanya dalam negeri, tetapi juga wisatawan mancanegara,” katanya.

AHY juga mengakui, lawatannya ke Banjarnegara ini dilakukan karena dirinya ingin berinteraksi dengan masyarakat langsung. Dia juga sudah berkeliling dengan kader Partai Demokrat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh lintas agama, dan lintas komunitas. “Sebagai komandan Kogasma, tentu saya ingin meyakinkan para kader partai demokrat memiliki semangat juang yang tinggi,” katanya.

Lebih dari itu, kunjungan dan interaksi ini juga akan membawa dirinya mengetahui lebih dalam tentang aspirasi masyarakat langsung. Dengan begitu, dirinya akan mendapat bahan referensi dan menambah khasanah tentang Indonesia.

“Untuk aspirasi jelas nanti akan kami sampaikan pada wakil rakyat dari Fraksi Partai Demokrat yang ada di DPR RI. Tetapi yang lebih penting, saya bisa mendengarkan langsung apa sebenarnya yang diinginkan masyarakat,” ujarnya.

Tak hanya Ngopi Bareng, AHY juga ikut turun langsung dalam jalan sehat yang digelar pada keesokan harinya. Dia berbaur menjadi satu dengan lautan manusia yang memadati Alun-alun Banjarnegara sejak pukul 06.00 WIB. (oel)

BAGIKAN