CILACAP, SATELITPOST-Seorang nelayan Raswan (52) hilang di Pantai Kemiren Cilacap Utara, Senin (1/5) siang. Warga Kelurahan Mertasinga RT 5 RW 15 Kecamatan Cilacap Utara ini, tenggelam saat sedang menarik jangkar perahunya.

Koordinator Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Pos SAR Cilacap, Mulwahyono mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada pukul 12.00 WIB. Saat itu, Raswan bersama dengan dua rekannya sedang menjaring ikan. Mereka menjaring ikan di sekitar ‘Buoy’ merah yang berjarak kurang lebih 1 mil dari Pantai Kemiren.

“Saat itu, mereka hendak mendatar setelah menjaring ikan, lalu saat Raswan menarik jangkar, dia justru tercebur ke laut,” ujarnya.

Saat itu, Raswan bersama dengan Sukardi Nasir (55) warga Tegakamulyan Kecamatan Cilacap Selatan, dan Tasmdi (60) warga Kelurahan Mertasinga. Melihat Raswan tercebur, Sukardi melakukan pertolongan dengan menceburkan diri ke laut.

“Temannya mau menolong, tapi Raswan sudah tenggelam dan hilang,” katanya.

Mendapatkan laporan tersebut, Basarnas segera menurunkan tim untuk melakukan pencarian. Pencarian dilakukan dengan melakukan penyisiran di pinggir pantai, dan penisiran di lokasi menggunakan rigid inflatable boat (RIB).

“Tim melakukan pencarian dengan menggunakan RIB untuk melakukan penyisiran di  sekitar lokasi, dan sekitarnya,” ujar Nurul Fauzan, anggota Rescuer Basarnas di lapangan.

Sampai Senin, pukul 15.30 WIB, korban belum ditemukan. Pencarian terhadap Raswan dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Cilacap Rescue, RAPI Cilacap, TNI, Polri, SAR Kemiren dan nelayan sekitar. (ale)